Bupati Karo-PLN Teken MoU Pascabayar Jadi Prabayar

oleh -1.592 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana dan PT. PLN Wilayah Sumatera Utara Area Binjai menandatangani MoU Migrasi Pascabayar ke Prabayar, Senin 9 April 2018,di Aula Kantor Bupati Karo. [Foto Rienews.com]

RIENEWS.COM Bupati Karo Terkelin Brahmana dan PT. PLN Wilayah Sumatera Utara Area Binjai menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) “Migrasi Layanan Listrik Pascabayar Menjadi Listrik Prabayar”.

Penantangan MoU dilakukan di Aula Kantor Bupati Karo, Senin 9 April 2018.

Turut menyaksikan penandatangan MoU, Direktur HCM PT. PLN Muhammad Ali, Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Hendra Iswayudi, Direktur Regional Sumatera Wiluyo Kus Dwiharto, GM PLN Wilayah Sumut F Joko Priharto, GM PLN Unit Induk Pembangunan Sumbagut Oktavianus P, GM PLN Pembangkitan Sumbagut Bambang Iswanto, GM PLN Unit Induk Pembangunan Pembangkitan Sumatera Weddy B Sudirman, GM PLN Pusat Penyaluran dan Pengatur Beban Sitem Sumatera Nur Wahyu Dinianto,

Kesepakatan ini mendukung migrasi pelayanan listrik pascabayar, menjadi pelayanan listrik prabayar di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Serta mewujudkan Kabupaten Tanah Karo bebas tunggakkan listrik, sehingga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemkab Karo.

KLIK: Tabrakan Mengerikan Honda CBR Dengan Blade

Dalam MoU itu, PT. PLN juga memberikan bantuan token listrik gratis selama satu tahun kepada masyarakat korban erupsi Gunung Sinabung, yang berada di tiga Hunian Tetap Sementara (Huntara) senilai Rp279.902.938, dan pemberian bantuan rehabilitasi lahan pertanian kepada warga Desa Tiganderket senilai Rp. 220.252.000, yang diserahkan secara simbolis kepada masyarakat.

Direktur HCM PT. PLN Muhammad Ali mengatakan, pemberian token gratis selama satu tahun kepada warga terdampak erupsi Gunung Sinabung, dapat membantu warga.

“Kami datang untuk memberikan token gratis kepada masyarakat penghuni di Huntara. Kami berharap token gratis selama setahun ini dapat mendukung kegiatan ekonomi, dan membantu masyarakat hunian sementara.  Tidak hanya itu, PLN juga memberikan bantuan bibit tanaman untuk rehabilitasi lahan pertanian di Desa Tiganderket yang merupakan desa terdekat dengan lokasi bencana dan yang terkena dampak erupsi Gunung Sinabung,” ujar Ali.

Dia juga menegaskan, hubungan antara Pemkab Karo dengan PT. PLN terjalin baik.

“Kami juga melihat sinergi positif antara Pemkab Karo dan PLN yang sudah terjalin dengan baik. Pada kesempatan ini pula, akan dilakukan penandatangan MoU Migrasi Layanan Listrik Pascabayar menjadi Listrik Prabayar, antara Pemkab Karo dan PLN Area Binjai. MoU dilakukan untuk mewujudkan Tanah Karo bebas tunggakkan listrik, juga dalam rangka meningkatkan PAD Pemkab Karo,” sebut Ali.

Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Hendra Iswayudi  mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Karo yang telah bersinergi dengan PT. PLN.

“Mudah-mudahan dengan sinergi ini, Tanah Karo semakin maju dan semakin produktif masyarakatnya dan perekonomiannya,” imbuh Hendra.

Bupati Karo Terkelin Brahmana berterima kasih atas bantuan PLN kepada warga masyarakat Huntara.

“Hal ini merupakan salah satu bentuk kepedulian PT. PLN dan eksistensi perusahaan yang tidak bisa dipisahkan dengan masyarakat sebagai lingkungan eksternalnya,” kata Bupati Karo.

Langkah yang diambil manajemen PT. PLN, Terkelin menyebutkan, kiranya dapat mendorong dan memotivasi perusahaan lain untuk memberikan kewajiban CSR  kepada masyarakat.

“Dan kepada masyarakat yang menerima program bantuan ini kiranya dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” imbuh Terkelin Brahmana.

Ditambahkan Terkelin, kiranya bantuan PLN tidak hanya diberikan kepada masyarakat Huntara saja, namun dapat juga diberikan kepada daerah lain yang terdampak erupsi Gunung Sinabung.

Serangkaian dengan penandatangan MoU Migrasi Pascabayar ke Prabayar,  diresmikan “Desa Berinternet”  di tiga titik lokasi. Dua desa berada di Kabupaten Karo, dan satu desa di Kabupaten Samosir.

Penandatanganan MoU dihadiri  Wakil Bupati Karo Cory S. Sebayang, Sekda Pemkab Karo Kamperas Terkelin Purba, unsur FKPD, pimpinan OPD, jajaran PLN, dan masyarakat. (Bay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *