Bupati Karo Respons Keluhan Warga Soal Toilet Lapangan Bola Samura

oleh -1.006 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana menyaksikan petugas Damkar Pemkab Karo melakukan pembersihan di fasilitas toilet lapangan bola Samura, Kabanjahe, Selasa 7 Mei 2019. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Bupati Karo Terkelin Brahmana langsung merespons keluhan warga yang memanfaatkan lapangan bola Samura di Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, untuk berolahraga. Warga mengeluhkan fasilitas toilet di lapangan bola Samura yang jorok dan berbau menyengat, serta tidak ada persediaan air.

“Kamar mandi itu kumuh dan baunya menyengat sekali. Mau pingsan saya (menciumnya),” ujar Elsa Ginting, seorang warga yang berolahraga di lapangan bola Samura, Selasa 7 Mei 2019.

Elsa dan warga menyesalkan pengelolaan lapangan bola Samura oleh Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Karo, membiarkan fasilitas toilet, berjumlah enam pintu tanpa ada persediaan air.

Pada hal, kata Elsa, lapangan bola Samura kerap dijadikan lokasi acara, kegiatan Pemkab Karo.

“Lapangan ini sering dipakai Pemkab Karo acara. Kok, bisa semrawut ya,” tutur Elsa.

Menyikapi keluhan warga, Bupati Karo Terkelin Brahmana langsung melakukan peninjauan ke lapangan bola Samura. Setibanya di lokasi, Bupati Karo terkejut melihat kondisi toilet di lapangan Samura tidak ada persediaan air.

Baca Berita:

Gunung Sinabung Meletus, Aktivitas Warga Karo Tetap Normal

Karo Diselimuti Abu Letusan Gunung Sinabung  

Bupati menyaksikan kondisi toilet dalam kondisi kotor dan jorok. Sementara sumur bor yang tersedia tidak berfungsi.

Menyikapi kondisi toilet lapangan Samura, Bupati Karo memerintahkan stafnya untuk memanggil Dinas Pemuda dan Olah Raga Karo ke lapangan Samura. Bupati juga mengerahkan personel Damkar Pemkab Karo untuk melakukan penyemprotan dan pembersihan dan mengisi air di toilet lapangan Samura.

Terkelin juga memerintah Dispora membobobol setengah bangunan toilet agar lebih terang dan tidak lembab.

“Kita  instruksikan kepada Kepala Dispora Robert Peranginangin melalui sekretarisnya (Pimpin Bangun) agar segera rapatkan. Untuk kamar mandi dibobol setengah dari kondisi sekarang ini agar lebih  terang, seperti kamar mandi di bandara. Kemudian buatkan kamar mandi perempuan dan laki laki, jangan bersatu seperti sekarang ini,” tegas Terkelin.

Bupati menegaskan dengan adanya perbaikan fasilitas toilet di lapangan bola Samura, warga yang berolahraga dan beraktivitas tidak kecewa tidak adanya air di toilet lapangan Samura.

“Keluhan salah satu warga, itu sangat wajar ya. Kenyataannya demikian,” tutur Terkelin.
Sekretaris Dinas Pemuda dan Olah Raga Karo, Pimpin Bangun membenarkan sumur bor di lapangan Samura kondisinya rusak, sehingga tidak berfungsi.

“Tadi sudah disampikan Pak Bupati terkait poin kedepan untuk perbaikan kamar mandi. Ini semua akan saya sampaikan kepada Pak Kadis, beliau kebetulan ada tugas luar, saya yang mewakili saat dipanggil bupati,” ucap Pimpin.

Sementara itu Kasi Damkar Pemkab Karo, Teguh Purba menegaskan, pihanya selalu siap mengisi air di toilet lapangan Samura.

“Sesuai petunjuk Pak Bupati tadi, kedepan jika kita dikontak maka kami akan segera  lakukan pengisian air, sambil menunggu sumur bor diperbaiki oleh Dispora,” imbuh Teguh. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *