Kadis Pertanian Karo Terkejut Pupuk Subsidi Kosong

oleh -2.087 Kali Dibaca
Seorang ibu petani sedang menanam padi di sawah di waktu pagi hari. [Foto Rienews]

RIENEWS.COM – Pedagang dan petani di Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kesulitan mendapatkan pupuk bersubsidi seperti NPK Phonska, SP 36, ZA dan Petroganik. Para pedagang pupuk bersubsidi mengaku hingga kini tak kunjung mendapatkan pasokan pupuk subsidi dari Dinas Pertanian Kabupaten Karo.

Seorang pedagang pupuk subsidi di Kota Berastagi, S. Karokaro mengakui hingga kini belum mendapatkan pasokan pupuk bersubsidi. Hal ini, tutur Karokaro, membuat dia kecewa terutama kepada Dinas Pertanian Karo.

“Pastinya selaku pedagang pupuk merasa kecewa dengan kinerja instansi Dinas Pertanian Karo. Pasalnya, memasuki bulan April ini pupuk bersubsidi belum juga didistribusikan kepada para pedagang,” ungkap S. Karokaro, Minggu 14 April 2019.

Tidak adanya pasokan pupuk bersubsidi, Karokaro melanjutkan, menjadi kendala bagi para petani dalam merawat tanamannya. Dengan nada kesal, Karokaro menegaskan, bila pupuk subsidi tidak ada, sebaiknya ditiadakan saja.

Baca Berita:

Pasca Gempa, Ribuan Warga Sulteng Kembali ke Rumah

Rehabilitasi dan Rekonstruksi Palu Butuh Rp36 Triliun

“Jika tidak ada lagi pupuk bersubsidi, ya sudah hilangkan saja. Jangan gara-gara pupuk subsidi masyarakat (petani) tidak bisa mupuk lagi. Karena cuma menunggu saja kerjanya,” ungkap Karokaro pemilik UD Rizkina Tani.

Kepala Dinas Pertanian Karo Sarjana Purba mengaku tidak mengetahui kosongnya pupuk subsidi di Kabupaten Karo. Menurutnya, hal ini disebabkan keterlambatan dalam pasokan.

“Saat ini juga akan saya telpon pihak produsen atau distributornya,” ujar Sarjana.

Ditegaskannya, selama ini tidak ada masalah dalam penyaluran pupuk bersubsidi di wilayah Kabupaten Karo, yang merupakan salah satu kabupaten pertanian terbesar di Provinsi Sumatera Utara.

“Tidak ada ditemukan kendala masalah pupuk bersubsidi,” tegas Kadis Pertanian Karo.

Disebutakannya, pasokan pupuk bersubsidi sudah ada di pengecer, agen pupuk bersubsidi di wilayah Kabupaten  Karo, pada Senin 15 April 2019.

“Tidak ada alasan lain, hari Senin semuanya pengencer pupuk resmi bisa menebus pupuk bersubsidi tersebut kepada distributor. Kasihan kita melihat para petani kalau mau mupuk tidak ada pupuknya,” ungkap Sarjana. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *