Karhutla Terdeteksi di Tiga Provinsi Ini

oleh -1.153 Kali Dibaca
Helikopter Water Bombing BNPB saat beraksi melakukan pemadaman di lokasi Karhutla di Desa Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat, Rabu 22 Agustus 2018. [Foto BNPB | Rienews]

RIENEWS.COM – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan Provinsi Riau, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah, Sabtu 10 Agustus 2019, terdeteksi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Plh Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Agus Wiboro menyebutkan, asap terdeteksi di wilayah Riau, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah dan mengarah ke Tenggara dan Utara.

“Tidak terdeteksi  transboundary haze atau asap tidak masuk ke negeri tetangga yaitu Singapura dan Malaysia,” katanya.

Baca Berita:

DPR RI Desak Pemerintah Pusat Bangun Jalan Tol Medan-Berastagi

Sengit, Pembahasan Pencemaran Danau Toba di Kementerian LHK

Sebaran asap makin meluas dan tambah banyak baik di wilayah Riau atau Kalimantan Tengah.

Hal ini menyebabkan kualitas udara di Kota Pekanbaru menurun pada tingkat kurang sehat (Konsentrasi PM10 173), dan di Kota Palangkaraya kualitas udara pada tingkat sedang (konsentrasi PM10 126).

Hotspot (titik api) kategori sedang dan tinggi hasil pantauan satelit pada pukul 07.00 WIB di Riau 126 titik, Jambi 4 titik, Sumatera Selatan 13, Kalimantan Barat 533 titik, Kalimantan Tengah 159 titik, dan Kalimantan Selatan 13 titik. (Rep-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *