Karo Mulai Diselimuti Kabut Asap Karhutla

oleh -985 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana turut membagikan masker kepada pengendara. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM –  Kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Pulau Sumatera Utara, seperti di Riau dan Jambi, mulai menyelimuti Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Kabut asap ini mulai menganggu aktivitas masyarakat Karo.

Guna mencegah masyarakat Karo dari gangguan pernapasan, ISPA, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Karo, Selasa 24 September 2019, membagikan masker kepada warga dan pengendara motor.

Pembagian masker dilakukan di beberapa titik, di antaranya di seputaran Tugu Bambu Runcing, Kabanjahe, Simpang Tiga Mesjid Agung Kabanjahe, dan Tugu Perjuangan Berastagi. Bupati Karo Terkelin Brahmana beserta Kalak BPBD Martin Sitepu, turut serta membagikan masker kepada warga.

Baca Berita:

Muhammadiyah Beri Bantuan Perahu Pendidikan Untuk Warga Pulau Arar

Bupati Karo Hadiri Launching Majalah Katantaras

Petugas Unit Reaksi Cepat BPBD Karo, Jeremia Bangun mengatakan, kalau pembagian masker ini dilakukan untuk menjaga kesehatan masyarakat.

Karena kabut asap sudah sangat terasa, dan mengganggu aktifitas masyarakat.

“Kita bagikan masker ini, karena dampak dari kabut asap sudah sangat kita rasakan. Pembagian ini tujuannya agar masyarakat terhindar dari penyakit,” ujar Jeremia saat membagikan masker di Tugu Bambu Runcing Kabanjahe.

Juanda Sinaga warga Kabanjahe, mengaku kabut asap mulai menganggu aktivitas masyarakat.

“Asap ini terasa mengganggu. Kita kerja di ladang, jadi terhirup terus asap itu. Aku sekarang ini sudah mulai batuk-batuk,” katanya.

Juanda berharap kepada Pemkab Karo segera mengatasi permasalahan kabut asap tersebut. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *