Kemensos Setujui Anggaran Rehabilitas Anak Pengungsi Sinabung

oleh -1.745 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama rombongan di antaranya anggota DPRD Karo, kepala desa dan warga Desa Berastepu berkunjung ke Kementerian Sosial menyoal bantuan anggaran bagi pengungsi terdampak erupsi Gunung Sinabung, Selasa 2 Oktober 2018. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial (Kemensos), Edi Suharto menegaskan telah menyetujui bantuan rehabilitasi anak-anak pengungsi terdampak erupsi Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Penegasan itu disampaikan Edi Suharto kepada Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama rombongan, dalam pertemuan di Hedung Kemensos, pada Selasa 2 Oktober 2018.

“Mengenai bantuan rehabilitasi anak-anak pengungsi sudah kita setujui,” tegas Edi Suharto.

Baca Juga: Bupati Karo Bawa Warga Desa Berastepu, Kemensos Minta Warga Bersabar

Namun, Edi Suharto belum merinci waktu dan besaran anggaran yang akan disalurkan Kementerian Sosial.

“Berapa bugdetnya belum bisa saya sebutkan sekarang. Nanti teknis penyalurannya akan kita buat secara berkelompok-kelompok. Yang penting uang bantuan tersebut pasti akan cair,” imbuh Edi.

Bantuan rehabilitasi anak-anak pengungsi terdampak erupsi Gunung Sinabung pengajuan dari Pemkab dan DPRD Karo beberapa waktu lalu. Dalam pengajuan (proposal) itu, selain item pencairan dana jaminan hidup, diajukan kepada Kemensos bantuan dana untuk merehabilitasi 1.000 anak pengungsi.

Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama anggota DPRD Karo Jhon Karya Sukatendel, mengaku gembira mendapatkan informasi dari Kemensos.

“Ini sesuai dengan proposal yang kami ajukan pada awal September lalu. Kami meminta Kemensos memberikan bantuan dana rehabilitasi 1.000 orang anak-anak pengungsi erupsi Gunung Sinabung,” ujar Bupati Karo Terkelin Brahmana.

Anggota DPRD Karo, Jhon Karya Sukatendel mengungkapkan terima kasih kepada Kemensos yang dengan cepat memproses pengajuan Pemkab dan DPRD Karo. Mengenai jumlah anggaran, Jhon mengaku belum tahu.

“Jumlahnya berapa per anak memang belum disebutkan tadi. Hanya saja yang pasti dana tersebut bakal dicairkan dalam waktu dekat ini,” imbuhnya. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *