Kerjasama Wakayama-Karo Dapat Tingkatkan Produksi Jeruk

oleh -1.193 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana saat membahas kerjasama di bidang pertanian dengan delegasi Prefektur Wakayama, Jepang, Jumat 12 Januari 2018.

 

Bupati Karo Terkelin Brahmana saat membahas kerjasama di bidang pertanian dengan delegasi Prefektur Wakayama, Jepang, Jumat 12 Januari 2018. 

RIENEWS.COM – Dalam pertemuan dengan delegasi Prefektur Wakayama, Jepang. Bupati Karo Terkelin Brahmana menyebutkan, produksi jeruk Karo kini mengalami penurunan.

Jeruk dari pertanian Kabupaten Karo, telah lama dikenal baik di Tanah Air hingga ke luar negeri.

“Kami menyadari, perkebunan jeruk di Kabupaten Karo terus mengalami penurunan. Baik dalam luas pertanamannya maupun produksinya,” kata Terkelin.

Hal ini karena beberapa kendala yang dihadapi seperti serangan hama  dan penyakit khususnya serangan lalat buah. Kurangnya teknologi budidaya serta penerapan pascapanen yang belum optimal.

KLIK: Wakayama-Karo Bahas Kerjasama Pertanian Jeruk dan Strawberry

“Padahal jeruk Kabupaten Karo merupakan produk yang dikenal secara nasional maupun internasional,” kata Bupati Karo Terkelin Brahmana kepada delegasi Prefektur Wakayama, Jepang, dipimpin Director Of Research Promotion Office Mr. Nishimori, Jumat 12 Januari 2018.

Kedatangan delegasi Prefketur (Provinsi) Wakayama ke Kabupaten Karo, upaya menjalin kerjasama di bidang pertanian khususnya jeruk dan strawberry.

“Kami sangat mengharapkan kerjasama ini baik dalam teknik maupun teknologi, dapat membantu kami dalam meningkatkan produksi jeruk dan strawberry yang berkualitas, yang lebih baik dengan menggunakan teknologi dari  Jepang,” kata Terkelin.

Terkelin mengatakan, selain jeruk dan strawberry, Kabupaten Karo juga memiliki komoditas unggulan lain yang dapat dijadikan kerjasama.

“Seperti Kopi, jagung, buah kesemak dan buah biwa dan komoditi holtikura lainnya,” ungkap Terkelin.

Usai diterima Bupati Karo di ruang kerjanya, delegasi Prefektur Wakayama, Director Of Research Promotion Office Mr. Nishimori, Cultivation Director of Fruit Tree Experiment Station Mr. Kujira  dan Mr. Yamashita sebagai Staf Internasional Division, meninjau langsung perkebunan jeruk dan strawbery serta bertemu dengan para petani di Kecamatan Dolat Rayat. (BAY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *