Komisi D DPRD Sumut Upayakan Jalan Tol Medan-Berastagi Terwujud 2020

oleh -2.265 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana menerima kunjungan kerja rombongan Komisi D DPRD Sumut, Jumat, 21 Juni 2019. [Foto | Rienews]

RIENEWS.COM – Rombongan Komisi D DPRD Sumatera Utara dipimpin Ketua Komisi Sutrisno Pangaribuan melakukan kunjungan kerja ke Kantor Bupati Karo, Jumat, 21 Juni 2019. Kedatangan Komisi D yang diterima Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Staf Ahli Bupati Agustin Pandia untuk melihat pembangunan infrastruktur yang tengah berjalan di Karo yang dikerjakan kewenangan pihak provinsi, seperti pelebaran jalan tahap II Kabanjahe – Simpang Ujung Aji. Sekaligus ingin mendengar poin-poin apa saja di Karo yang memerlukan campur tangan dan dukungan Komisi D DPRD Sumut.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Karo Nasib Sianturi menguraikan beberapa poin pembangunan infrastruktur yang sangat penting ditindaklanjuti dan dikawal di wilayah Karo. Poin pertama terkait jalan Medan – Berastagi. Kedua, jalan tembus Desa Serdang – Rumah Liang Deliserdang. Ketiga, penetapan ruas-ruas jalan Simpang Tongkoh – Simpang Sinaman Kecamatan Tigapanah beralih ke tingkat Propinsi Sumut.

Menurut Nasib, perlu ditindaklanjuti dan dikawal adalah poin pertama agar program tersebut terealisasi. Apalagi Komisi D berkenan mengawal program musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) tersebut sehingga kemungkinan besar jalan tersebut berubah menjadi jalan tol sesuai studi banding di Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Berita Terkait:

Pembangunan Dua Jalan Medan-Berastagi Masuk APBN 2020

“Apabila cukup dana pada 2020, kemungkinan dibangun jalan tol Medan – Berastagi,” kata Nasib.

Mengenai isu jalan tembus Desa Serdang – Rumah Liang, Pemda Karo akan terus menuntaskan agar berkelanjutan dengan cara menampung anggaran karya bakti TNI. Sedangkan penetapan ruas jalan Simpang Tongkoh – Simpang Sinaman Kabupaten Karo belum ditampung anggaran pemeliharaan pihak Pemerintah Provinsi Sumut.

“Kami berharap Komisi D DPRD Sumut dapat memfasilitasi ke Bina Marga Sumut,” kata Nasib.

Baca Berita:

Baru Ditambal Dua Pekan, Jalan Udara Rusak Lagi

Impor Sampah ke Indonesia Harus Dihentikan, Terkontaminasi B3

Sementara Kepala Seksi Pemeliharaan UPT Bina Marga Kabanjahe Sartono Sitepu menjelaskan, terkait pembangunan ruas jalan Simpang Tongkoh – Simpang Sinaman sudah diambil alih pihak Binamarga Sumut.

“Kondisi jalan yang belum kunjung diperbaiki karena belum ada serah terima aset,” kata Sartono.

Sutrisno Pangaribuan menyatakan akan segera mendukung dan mengawal tiga poin pembangunan infrastruktur itu sampai ke tingkat pusat. Rencananya, Komisi D DPRD Sumut akan ke Jakarta untuk bertemu pihak Bappenas dan Komisi V DPR pada juli 2019 mendatang.

“Agar hasil studi yang dilaksanakan pada 2020 adalah pembangunan jalan tol. Jadi akan kami kejar terus agar jalan alternatif Medan – Berastagi masuk program APBN,” kata Sutrisno.

Terkait jalan Desa Serdang Kecamatan Barus Jahe Kabupaten Karo – Rumah Liang Kabupaten Deliserdang, Komisi D DPRD Sumut menjanjikan akan membantu pembebasan lahan yang masuk kawasan hutan. Begitu juga mengurai kendala pembangunan ruas jalan Simpang Tongkoh – Simpang Sinaman yang hingga kini belum bisa dianggarkan karena belum ada penyerahan aset. Rencananya, Komisi D akan mengundang pihak Bappeda dan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Sumut untuk rapat pada 22 Juni 2019.

“Besok akan kami cek datanya. Apakah sudah terdaftar di Bappeda? Ini akan kami kejar,agar semuanya rampung,” kata Sutrisno.

Terkelin berharap Komisi D DPRD Sumut berkolaborasi dengan Pemkab Karo untuk merealisasikan poin-poin isu pembangunan infrastruktur jalan di Tanah Karo.

“Adanya dorongan dan sinergitas bersama, saya yakin Komisi D DPRD Sumut tidak diragukan lagi kiprahnya melobi dan mengawal ke jenjang pusat,” kata Terkelin.

Usai pertemuan, rombongan Komisi D DPRD Sumut didampingi Terkelin dan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Karo meninjau pelebaran jalan di Desa Sumbul Kecamatan Kabanjahe. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *