LPPM ULB Gelar Workshop Menuju Akreditasi Jurnal Nasional

oleh -74 Kali Dibaca
Universitas Labuhanbatu.

RIENEWS.COM – Meningkatkan kualitas publikasi ilmiah dan manajemen penerbitan jurnal online berbasis open journal system (OJS) menuju Akreditasi Jurnal Nasional. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Labuhan Batu (ULB) mengadakan Workshop Tata Kelola Jurnal Menuju Akreditasi Nasional, Jumat 1 November 2019.

Kegiatan ini guna menjawab tantangan pada era revolusi Industri 4.0, menuntut hasil publikasi dari penelitian maupun pengabdian sivitas akademika di lingkungan ULB. Adapun tujuan utama kegiatan workshop ini adalah untuk meningkatkan kualitas pengelolaan jurnal-jurnal yang ada di lingkungan ULB.

Rektor ULB yang diwakili Dr. Sumitro, M.Si., menyampaikan pentingnya publikasi jurnal bagi pribadi dan institusi perguruan tinggi.

“Kami berharap para peserta yang hadir dapat memanfaatkan kegiatan ini secara maksimal,” katanya.

Baca Berita:

Asuransi Avrist Beri Tips Sehat Hadapi Musim Penghujan

KPU Karo Sosialisasi Tahapan Pertama Pilkada 2020

Kegiatan ini difasilitasi oleh LPPM ULB, secara khusus kegiatan ini melakukan bedah jurnal yang ada di institusi. Tidak hanya itu saja, kegiatan ini melakukan pendampingan atau coaching clinic kepada pengelola jurnal ULB yang meliputi setting OJS, indeksasi, pemanfaatan plagiarism check tool dan evaluasi menuju Akreditasi Jurnal Nasional (ARJUNA).

Ketua LPPM ULB Dr. Arman Harahap, M.Si., mengingatkan kepada pengelola jurnal agar termotivasi dan terus berkomitmen dalam peningkatan kualitas manajemen penerbitan e-journal, sehingga menghasilkan artikel ilmiah yang berkualitas, terdiseminasi, tersitasi, berkontribusi bagi IPTEK serta bermanfaat bagi kehidupan masyarakat.

“LPPM berkomitmen akan membantu pengembangan jurnal ULB menuju jurnal terakreditasi nasional, namun tentunya dalam mewujudkan ini tidak lepas dari peran serta bapak dan ibu sebagai pengelola jurnal,” ungkapnya.

Sebelum memulai workshop, Korda Relawan Jurnal Indonesia (RJI) Sumatera Utara, Dodi Siregar, M.Kom.,  melihat Jurnal Online Universitas Labuhan Batu di link: http://jurnal.ulb.ac.id.

“Publikasi jurnal online ULB sudah cukup bagus namun masih ada beberapa yang harus kita ajari dan kita perbaiki. Mudah-mudah pertemuan kita ini dapat lebih meningkatkan tata kelola jurnal menuju Akrediasti Nasional dan pendaftaran DOI di ULB dapat tercapai,” katanya.

Peserta workshop yang hadir merupakan para pengelola jurnal yang ada di lingkungan ULB, Jurnal Ecobisma dikelola Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurnal Ilmiah Advokasi dikelola Fakultas Hukum, Jurnal Educience dikelola Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurnal Informatika dikelola Fakultas Sain dan Teknologi, Jurnal Nukleus dikelola program studi Pendidikan Biologi, Jurnal Agroplasma dikelola Program studi agro teknologi, Jurnal Civitas dikelola Program studi PKN, Jurnal Sigma dikelola Program Studi Pendidikan Matematika. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *