Menteri Idrus Marham Salurkan Rp 6,9 Miliar Untuk Pengungsi Sinabung

oleh -1.378 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana menyambut kedatangan Menteri Sosial Idrus Marham, Senin 9 Juli 2018, dalam rangka penyaluran dana Jaminan Hidup (Jadup) bagi pengungsi Gunung Sinabung. [Foto Rienews.com]

RIENEWS.COMMenteri Sosial Idrus Marham, Senin 9 Juli 2018, menyalurkan Rp 6.921.000.000, dana jaminan hidup (Jadup) untuk para pengungsi terdampak erupsi Gunung Sinabung.

Ditegaskan Menteri Sosial, warga Karo yang mengungsi (relokasi) akibat erupsi Gunung Sinabung yang hingga kini masih berlangsung, tidak perlu khawatir.

“Data Kemeterian Sosial bantuan ke warga terkena bencana erupsi Gunung Sinabung dari Pemerintah Pusat tercatat jumlahnya Rp 79 miliar kurang lebih. Dan ini bantuan baru dari satu kementerian saja, belum dari kementerian lainnya. Karenanya warga Karo tidak perlu khawatir, Pemerintah Pusat siap membantu menurut kesanggupan dana,” tegas Idrus Marham.

Berita Terkait: Alasan Pengungsi Sinabung Demo Kantor Bupati Karo

Berita Populer: Bisnis Galian C Marak di Zona Merah Gunung Sinabung

Dalam kunjungannya ke Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Menteri Idrus Marham melakukan pertemuan dengan Bupati Karo Terkelin Brahmana di Pendopo Kantor Bupati Karo, Kabanjahe.

Menteri menegaskan Pemerintah Pusat tidak diam dalam menangani  pengungsi, warga terdampak erupsi Gunung Sinabung.

“Pemerintah tetap mengedepankan kepentingan rakyat, terlebih yang terkena bencana dan itu yang disampaikan Presiden Jokowi ke saya selaku Menteri Sosial,” ungkap Idrus Marham.

“Presiden inginkan rakyat Indonesia jangan sampai sengsara, karena itu kehadiran pemerintah harus ada dalam setiap situasi, di mana rakyat membutuhkan. Guna memberikan raya nyaman, perlindungan, dan mencari solusi terkait masalah yang dihadapi rakyat, termasuklah musibah di Kabupaten Karo salah satunya,” kata Menteri Sosial.

Idrus Marham mengakui meski apa yang diberikan tidak mencukupi untuk kehidupan, setidaknya yang diberikan dapat membantu meringankan beban rakyat Karo yang terkena musibah.

Bupati Karo Terkelin Brahmana menyatakan bantuan Kementerian Sosial masih dibutuhkan untuk meringankan beban warga Karo.

“Bantuan diberikan Kementerian Sosial masih terus kita butuhkan untuk meringankan beban warga Karo. Dan kiranya bisa disampaikan ke Presiden, bahwa warga Karo sangat senang, dan bahagia atas bantuan diberikan selama ini,” pungkas Bupati Karo. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *