Pemkab dan KPU Karo Deklarasi Damai Pasca Pemilu 2019

oleh -1.413 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana, Wakil Bupati Karo Cory S. Sebayang bersama Ketua KPU Karo Gemar Tarigan, Kapolres Tanah Karo ABKP Benny Hutajul, Ketua Bawaslu Karo Eva Juliani Pandia melakukan penandatanganan Deklarasi Damai Pasca Pemilu 2019. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Karo menggelar acara Deklarasi Damai Pasca Pemilu 2019, yang digelar di Jambur Pemkab Karo, Senin 29 April 2019. Deklarasi ditujukan untuk mengwujudkan kondisi keamanan Kabupaten Karo pasca pencoblosan Pemilu Serentak 2019.

Bupati Karo Terkelin Brahmana mengatakan, pemerintah sangat mengapresiasi KPUD Karo, Bawaslu, personel TNI, Polri yang  terlibat dalam pelaksanaan Pemilu 2019 di Kabupaten Karo  sehingga dapat berjalan aman, damai, dan lancar.

Terkelin mengingatkan bahwa bukan hanya pada tahapan pelaksanaan yang berjalan lancar, namun juga pada tahapan penetapan hasil Pemilu, juga memerlukan perhatian agar keseluruhan pemilu ini berjalan lancar.

“Oleh karena itu diperlukan adanya kedewasaan politik dari partai politik dan seluruh elemen masyarakat Karo.” kata Terkelin.

Ketua KPUD Karo, Gemar Tarigan menyatakan, digelar deklarasi guna mempererat kembali persatuaan dan persaudaraan.

“Dengan kegiatan ini diharapkan dapat mewujudkan Kabupaten Karo yang aman damai pasca Pemilu, karena Pemilu ini menentukan nasib bangsa Indonesia ke depan,” kata Gemar.

Dikatakannya,  Pemilu 2019 ini adalah Pemilu yang paling rumit sedunia. Dalam pelaksanaan Pemilu 2019, penyelenggara Pemilu banyak yang meninggal dunia.

“Ini menjadi bahan refleksi bagi penyelenggara Pemilu, dan KPUD Karo telah selesai melakukan rekapitulasi perhitungan suara Pemilu 2019, Sabtu (27 April 2019) ini berkat kerja sama semua pihak dan elemen masyarakat lainnya,”  ujarnya.

Baca Berita:

Bencana Bengkulu, Korban Meninggal Kini 29 Orang

RSU Kabanjahe Raih Juara II Tipe C Terbaik Tingkat Provinsi

Gemar mengungkapkan, pada Oktober Tahun 2019 ini  akan mulai dilaksanakan tahapan Pilkada Karo, agar hal ini menjadi perhatian.

Isi  deklarasi di antaranya, siap sedia bersinergi dalam menjaga stabilitas Kamtbimas, pasca Pemilu 2019. Bekerja sama untuk memerangi berita hoaks, ujaran kebencian, dan adu domba pasca Pemilu 2019. Mengawal dan mengamankan serta mendukung tindakan tegas, sesuai peraturan perundang-undangan terhadap individu maupun kelompok yang sengaja mengganggu masyarakat dengan aksi-aksi inkonstitusional untuk menggagalkan hasil Pemilu 2019.  Merajut kembali persatuan bangsa dan mendukung hasil Pemilu 2019, untuk melanjutkan pembangunan Indonesia. Dan selanjutnya dilakukan penandatanganan deklarasi bersama.

Deklarasi ditandatangani Bupati Karo Terkelin Brahmana, Wakil Bupati Karo Cory S. Sebayang, Ketua KPU Karo Gemar Tarigan, Kapolres Tanah Karo  ABKP Benny Hutajulu, Ketua Bawaslu Karo   Eva Juliani Pandia, para pengurus OKP dan para tim sukses calon Presiden dan Wakil Presiden dan tim sukses dari partai politik.

PDIP dan Gerindra Kuasai Kursi DPRD Karo

Sementara itu hasil rekapitulasi yang dilakukan KPU Karo, Sabtu 27 April 2019, pasangan nomor 01 01 Jokowi-Ma’ruf Amin memperoleh 203.047 suara (91,8 persen), pasangan nomor 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno mendapatkan  17.470 suara.

Sedangkan untuk perolehan kursi di DPRD Karo berjumlah 35 kursi, PDIP meraih  8 kursi, Partai Gerindra 5 kursi, Partai Nasdem, Partai Golkar, dan Hanura, masing-masing 4 kursi. Sedangkan Partai Demokrat dan PAN masing-masing 3 kursi, Partai PKPI dan Partai Perindo masing-masing 2 kursi.

Untuk perolehan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, peringkat pertama ditempati Badikenita Sitepu dengan 119.878 suara, disusul Pdt Willem TP Simarmata mantan Ephorus HKBP meraih 18.132 suara dan Parlindungan Purba 17.761 suara. Selanjutnya H. Dedi Iskandar Batubara Sos SH MSP meraih 6.975 suara, Ir Tolopan Silitonga meraih 6.656 suara, Prof Dr Ir Hj Darmayanti Lubis raih 4.525 suara, Dr Adbul Hakim Siagian SH MHum raih 4.500, H Muhamdd Nuh MSP raih 3.799 suara, H Faisal Amri, Sag Mag  raih 3.415 suara.

Sutan Erwin Sihombing AMd SH raih 2.616 suara, Marnix Sahata Hutabarat raih 2.588 suara,  Prof Dr H Ali Yakub Matondang raih 2.576 suara, H Dadang  Darmawan Pasaribu MSI raih 2.373 suara, Ustad H Sultoni Trikusuma MA raih 1.677 suara, M Nursyam raih 1.526 suara, Raidir Sigalingging SE  raih 1.147 suara, Drs H Abdillah Ak raih 947 suara, H Syamsul Hilal raih 604 suara dan H Solahuddin Nasution raih  469 suara.

Ketua KPUD Karo, Gemar Tarigan mengucapkan terima kasih kepada semua warga Tanah Karo atas partisipasinya dalam mensukseskan Pemilu Serentak 2019.

“Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sukses. Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih sebesar besarnya kepada Bawaslu dan jajarannya, pihak kepolisian dan TNI, Pemda Kabupaten Karo dan pejuang kami PPK,PPS serta KPPS termasuk rekan-rekan media.  Adapun tingkat partisipasi pemilih pada pemilu serentak di Kabupaten Karo yaitu 74.63 persen,” imbuh Gemar. (Rep-01)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *