Pemkab Karo Lakukan Penyemprotan Disinfektan Selama 14 Hari

oleh -148 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana melakukan peyemprotan disinfektan di Gedung DPRD Karo, Jumat 20 Maret 2020.[Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Gugus Tugas Percepatan Penanganan   Corona Virus Disease 2019 (Covid 19) Kabupaten Karo, Sumatera Utara, mulai hari ini melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah kawasan. Penyemprotan disinfektan dilakukan sebagai langkah mencegah penularan Covid 19 atau virus corona yang telah menjadi pandemi dunia, termasuk Indonesia.

Bupati Karo Terkelin Brahmana menegaskan, penyemprotan disinfektan merupakan tindak lanjut setelah terbentuknya Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Karo, berdasarkan Surat Keputusan Bupati Karo Nomor: 360/080/BPBD /2020 tanggal 18 Maret 2020.

“Ini untuk mengurangi penyebaran virus corona di kantor-kantor pelayanan publik. Dengan adanya kegiatan ini, jelas mengurangi risiko penyebaran virus corona,” kata Terkelin, Jumat 20 Maret 2020.

Penyemprotan awal disinfektan diikuti Bupati Karo Terkelin Brahmana (Pengarah Gugus Tugas  Percepatan Penanganan Covid-19), Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Martin Sitepu anggota DPRD Rapi Ginting, Kasatpol PP Hendrik Philemon Tarigan, Sekwan DPRD Karo Petrus Ginting, Kepala Dinas Dukcapil Susi Iswara Bangun, Kabag Operasi Polres Tanah Karo, Pasi Ops Kodim 0205/TK, dilakukan di sejumlah tempat di antaranya Gedung DPRD Karo dan Dinas Dukcapil.

Terkelin mengimbau masyarakat agar tidak panik dalam menghadapi virus corona, dan mengurangi aktivitas di luar rumah.

Baca Berita: 

Cegah Virus Corona, Dinas Pendidikan Karo Liburkan Sekolah Dua Pekan

Gugus Tugas Berlakukan Rapid Test Massal Identifikasi Penyebaran Covid-19

“Jangan panik, khawatir, batasi ruang gerak keluar rumah jika tidak perlu, jauhi tempat keramaian, jaga kebersihan dan makan makanan yang bervitamin,” katanya.

Kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19, Terkelin menegaskan agar bekerjasama dengan Dinas Kominfo dengan memanfaatkan Command Center sebagai Posko pusat menampung informasi penanganan virus corona.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19, Martin Sitepu menjelaskannya, dipilihnya Gedung DPRD Karo dan Dinas Dukcapil sebagai lokasi awal penyemprotan disinfektan, karena kedua kawasan tersebut ramai dikunjung warga.

“Peyemprotan disinfektan ini telah kita sediakan 2 unit Damkar Kabupaten Karo untuk mengangkat air peyemprotan, dan hari ini khusus 4.000 liter air disinfektan kita habiskan seputaran Gedung DPRD, Dinas Dukcapil, pertanian, dan ruang taman hijau dan Kantor Camat Kabanjahe,” katanya.

Martin menegaskan penyemprotan disinfektan akan dilakukan selama 14 hari kedepan.

“Kegiatan ini akan terus berlanjut setiap hari, lokasi berpindah-pindah nantinya, hal ini sudah bagian program  dan  kesepkatan tim untuk menekan penyebaran virus corona. Tim akan bekerja terus selama 14 hari kedepan. Bahan  baku peyemprotan 3.500 liter yang tersedia. Ini akan digunakan di wilayah seluruh Tanah Karo, dengan melihat sejumlah titik yang harus disemprot,” kata Martin. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *