Pemkab Karo Nobatkan 3 Desa Terbaik Pengelolaan Dana Desa 2018

oleh -2.643 Kali Dibaca
Wakil Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang menyerahkan piagam dan trofi kepada tiga desa peraih penghargaan Desa Terbaik Pengelolaa Dana Desa 2018, Rabu 19 Desember 2018, di aula Kantor Bupati Karo. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Karo, Sumatera Utara, menetapkan tiga desa terbaik dalam pengelolaan Dana Desa Tahun 2018. Ketiga desa mampu menyisihkan 14 desa lainnya masuk rekomendasi pengelolaan Dana Desa.

Penilaian pengelolaa keuangan Dana Desa dilakukan lintas Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Karo, Inspektorat Kabupaten Karo, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Badan Pengelola Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Bina Kemasyarakatan, Pemrintahan Des Setda Karo, Bagian Pengadaan Barang dan Jasa. Penilaian terhadap 17 desa dalam pengelolaan Dana Desa dilakikan sejak tanggal 3 hingga 12 Desember 2018.

Hasilnya, terpilih sebagai peringkat pertama pengelolaan keuangan Dana Desa, Desa Merdeka (Kecamatan Merdeka), peringkat kedua Desa Beganding (Kecamatan Simpang Empat), dan peraih peringkat ketiga Desa Sukanalu (Kecamatan Barusjahe).

Baca Berita: Menteri Basuki: Award Ini Saya Jadikan Pagar Pengabdian

Ketiga desa diwakili Kepala Desa menerima penghargaan sebagai Desa Terbaik Pengelolaan Dana Desa 2018, dari Wakil Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang, Rabu 19 Desember 2018, di aula Kanto Bupati Karo, Kabanjahe.

Wakil Bupati Karo menyerahkan piagam, trofi kepada ketiga kepala desa. Serta 20 unit kursi untuk desa peringkat pertama, 16 kursi untuk peringkat kedua, dan 12 kursi untuk peraih peringkat ketiga.

Selain itu, Pemkab Karo menyerahkan bantuan modal untuk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), serta bantuan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Cory berpesan agar ketiga desa yang meraih penghargaan di tahun 2018 ini, mampu mempertahankan prestasi yang telah diraih di tahun depan.

“Memberikan contoh dalam penggunaan Dana Desa,” ucap Cory didampingi Kadis PMD Abel T. Tarigan.

Plt Kabid Administrasi Pemerintahan Desa, Dinas PMD Karo, Andy Sofian Sinuhaji kegiatan yang dilakukan bukan sekadar mencari juara, melainkan untuk memotivasi aparatur desa dalam pengelolaan Dana Desa.

Andy menyebutkan, aspek penilaian desa terbaik dalam pengelolaan dan penggunaan Dana Desa meliputi, kreativitas, penyampaian materi dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa terkhusus pengelolaan keuangan desa mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan penatausahaan, dan pelaporan seluruh program kegiatan Tahun 2018.

“Yang tak kalah pentingnya bukti-bukti dokumen pendukung secara administrasi,” imbuh Andy.

Kepala Desa Beganding, Pelawi Sembiring menyatakan senang atas keberhasilan yang diraih di tahun 2018.

“Pada tahun sebelumnya, Desa Beganding meraih juara 3, dan tahun ini meraih juara 2. Ini luar biasa, saya sangat senang. Saya ucapkan terima kasih kepada Tuhan dan seluruh perangkat desa juga masyarakat Desa Beganding karena dengan kerja sama kamilah, maka peningkatan ini bisa dilakukan,” pungkas Pelawi. (Rep-01)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *