Petani Karo Kesulitan Dapatkan Pupuk Subsidi

oleh -1.749 Kali Dibaca
Seorang petani di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, beraktivitas di lahan pertanian miliknya. [Foto Rienews]

RIENEWS.COM – Penyaluran pupuk subsidi di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, dikeluhkan para pengecer resmi. Hingga di pengujung April 2019, para pengecer resmi pupuk subsidi untuk kelompok tani di Karo, belum mendapatkan pasokan. Pada hal, secara prosedur, mereka telah mengajukan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) pupuk subsidi.

Hal ini diakui pengecer resmi pupuk subsidi di Kecamatan Berastagi, K. Karokaro.

“Pupuk bersubsidi belum tersalurkan kepada kelompok tani, khususnya kepada Kelompok Tani Lau Buah. Padahal mereka sangat membutuhkan pupuk bersubsidi tersebut,” ungkap K. Karokaro, Minggu 28 April 2019.

Menurutnya, secara prosedur, RDKK telah diserahkan kepada produsen untuk kebutuhan pupuk bagi kelompok tani.

Baca Berita:

140 Personel Polres Tanah Karo Jaga Rekapitulasi Suara Kabupaten Karo

Kadis Pertanian Karo Terkejut Pupuk Subsidi Kosong

“Kalau RDKK sudah saya serahkan ke produsen. Hingga saat ini kami masih tetap menunggu pupuk bersubsidi dari pemerintah,” ujar Karokaro.

Menyikapi belum tersalurkannya pupuk subsidi kepada pengecer, Kepala Dinas Karo,  Sarjana Purba mengaku terkejut. Sebabnya, kata Sarjana, mendapatkan laporan penyaluran pupuk subsidi tidak ada hambatan.

Dia pun menegaskan akan mengambil tindakan tegas.

“Saya pertegaskan agar pendistribusian pupuk bersubsidi jangan diperlambat ke pengencer resmi. Jangan lagi ada  saya dengar keluhan dari petani tentang kelangkaan pupuk bersubsidi. Saya tidak akan segan-segan mengambil langkah dengan mencabut izin,” kata Sarjana. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *