SD Desa Talimbaru Ini Butuh Fasilitas Air Bersih

oleh -1.439 Kali Dibaca
Ilustrasi

RIENEWS.COM – Rosaria br Ginting, Kepala Sekolah Dasar 044840 di Desa Talimbaru, Kecamatan Barusjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, berharap sekolah yang dipimpinnya dapat memiliki sumber fasilitas air bersih melalui program nasional,  Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

Selama ini pihak sekolah dasar (SD) 044840, mendapatkan pasokan air saat hujan turun.

“Saya sebagai kepala masih merasa belum puas terhadap apa yang saya capai dalam membawa pendidikan ke arah yang lebih baik. Karena sampai sekarang sekolah belum ada air bersih,’ tutur Rosaria kepada wartawan, Kamis 23 Mei 2019.

Rosaria menuturkan, dengan adanya program nasional Pamsimas, dirinya bersama para guru di Tahun 2018, melakukan musyawarah dengan Kepala Desa Talimbaru, Perianto Tarigan, untuk pengadaan sumber air bersih sekolah. Namun, sampai kini program nasional Pamsimas tak kunjung ada di sekolah tersebut.

Baca Berita:

Letusan Gunung Agung Malam Ini Disertai Suara Gemuruh

AKB-AKI Rendah, Bupati Karo Kaitkan Dengan Tradisi

Padahal, pihak sekolah sendiri telah menyediakan penampungan air bersih dan aliran listrik.

Disebutkan Rosaria, sejak SD 044840 berdiri tidak memiliki sumber air bersih. Dan, selama ini  pihak sekolah mendapatkan pasokan air bersih untuk kamar mandi (toilet) sekolah, mengandalkan air hujan.

“Selama ini kami mengharapkan air hujan. Jika hujan tidak turun, kami sangat kesulitan mengambil air untuk kebutuhan sekolah,” ujar Rosaria.

Rosaria pun menegaskan pihak sekolah tidak mendapatkan dana rehabilitasi sekolah. Sementara kebutuh air bersih penting untuk keberlangsungan kegiatan di sekolah yang memiliki 67 murid, 4 guru (PNS) dan 4 guru (honorer).

“Dana rehab juga tidak pernah ada hingga kini. Untuk air minum guru saja, mesti beli air mineral. Meski sudah dibahas terkait Pamsimas pada tahun lalu, hingga kini belum juga ada tanda kehadiran program tersebut,” ungkap Rosaria. (Rep-01)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *