Banjir 2,5 Meter di Sekadau Telan Satu Korban Jiwa

Banjir dengan ketinggian 2,5 meter melanda Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat. [Foto BNPB]

RIENEWS.COM – Banjir yang melanda Kabupaten Sekadau, Provinsi Kalimantan Barat, mengakibatkan satu warga meninggal dunia. Hujan dengan intensitas tinggi serta meluapnya Sungai Kapuas memicu terjadinya banjir dengan ketinggian permukaaan air mencapai 2,5 meter.

Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sekadau mencatat sebanyak 2.541 unit rumah terendam akibat peristiwa ini. Banjir ini menggenangi beberapa wilayah di Kabupaten Sekadau yakni Desa Mungguk, Desa Sungai Ringin, Desa Tanjung, Desa Merapi, Desa Seberang Kapuas dan Desa Penit yang berada di Kecamatan Sekadau Hilir. Kemudian Desa Belintang I dan Desa Belintang II di Kecamatan Belitang.

Selain merendam rumah warga, banjir ini juga berdampak pada sedikitnya 2.541 KK / 8.430 Jiwa. Dari jumlah tersebut, sebanyak 571 KK / 1.879 jiwa mengungsi akibat kejadian ini.

Baca Juga:

Bupati Karo Minta PKK Berperan di Tengah Masyarakat

Peringati Hari Sumpah Pemuda, AMAN Ajak Generasi Muda Peduli Lingkungan

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Matius Jon menyampaikan, debit air mengalami kenaikan signifikan sejak Sabtu 23 Oktober 2021.