Benahi PDAM Tirta Malem, Bupati Karo Temui Ketua PD Perpamsi Sumut

oleh -159 Kali Dibaca
Foto bersama Bupati Karo Terkelin Brahmana dengan Ketua PD Perpamsi Sumut Trisno Sumantri yang juga Dirut Tirtanadi Medan, usai berkonsultasi dalam membenahi PDAM Tirta Malem, Selasa 25 Februari 2020. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Dalam rangka membenahi kinerja dan operasional Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Malem, Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama Dirut PDAM Tirta Malem Jonara Tarigan dan sejumlah pejabat Pemkab Karo menemui Ketua PD Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) Sumut, Trisno Sumantri yang juga Dirut Tirtanadi Medan.

Pertemuan dilangsungkan di Kantor PDAM Tirtanadi di Kota Medan, Selasa 25 Februari 202, untuk mencari masalah dan solusi agar persoalan yang terjadi di dalam manajemen PDAM Tirta Malem dapat teratasi.

Bupati Karo Terkelin Brahmana mengutarakan kedatangannya bersama Dirut PDAM Tirta Malem Jonara Tarigan, Asisten II Pemkab Karo Dapat Kita Sinulingga, mantan Direktur PDAM Tirta Malem Nciho Dairi, dalam rangka konsultasi mengatasi persoalan di PDAM Tirta Malem.

Baca Berita: 

Satlantas Polres Karo Buron Pengemudi Tabrak Mati Pemotor

Congratulations! Bupati Karo Raih Gelar Strata-2 Hukum

Terkelin menuturkan sejumlah persoalan yang dihadapi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) itu, di antaranya defisit sumber mata air-meski sumber mata air di Kabupaten Karo banyak, salah satunya sumber mata air Aek Bolon. Dampak persoalan ini, mengakibatkan suplai air bersih kepada pelanggan terganggu hingga kini.

“Berbagai cara sudah kita tempuh, baik membentuk tim penyegaran, penyehatan PDAM Tirta Malem telah dilakukan. Juga tidak ada pengaruhnya. Untuk itu kami minta Perpamsi dan Tirtanadi dapat bekerjasama dengan Pemda Karo menuntaskan akar permasalahan. Jika perlu Tirtanadi dan Perpamsi kami berikan perpanjangan tangan, bila aturan mengizinkan untuk menilai  dalam rekrutmen personel dan administrasi pengelolaan PDAM Tirta Malem. Jika lebih dibutuhkan kita siap bersama Perpamsi temui Pak Gubsu,” ujarnya.

Terkelin menegaskan, pembenahan PDAM Tirta Malem penting dalam menunjang, menyukseskan program pembangunan Mebidangro (Medan, Binjai, Deli Serdang, Karo) dan juga Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Ketua PD Perpamsi Sumut, Trisno Sumantri mengapresiasi kedatangan Bupati Karo dalam rangka konsultasi pembenahan PDAM.

Diakui Trisno, permasalahan PDAM Tirta Malem juga dialami semua PDAM. Namun, ada rentan batas lamanya persoalan.

“Nah, dengan kehadiran Pak Bupati ini, saya meyakini permasalahan pasti rumit. Jarang ada kepala daerah datang konsultasi, pada umumnya tidak peduli dan tidak ambil pusing. Jangan pernah sungkan untuk  konsultasi demi perubahan. Yang penting, kita kerja, tudingan miring pasti ada. Kita juga rasakan di Tirtanadi. Tapi Alḥamdulillāh semua dapat kami lalui,” kata Trisno Sumantri.

Dirut PDAM Tirtanadi Medan itu, menegaskan siap membantu dalam pembenahan PDAM Tirta Malem. Dalam pertemuan itu, Trisno mengungkapkan langkah yang akan ditempuh. Di antaranya, PDAM Tirta Malem/Pemkab Karo dan Perpamsi membentuk tim kecil untuk mencari dan menginventarisasi akar permasalahan yang terjadi.

“Strategi pertama yang harus dilakukan, PDAM Tirta Malem dengan Perpamsi membentuk tim kecil melalui surat penugasan. Tim ini sesuai teknis dan bidangnya. Kelanjutannya, tim Perpamsi dan tim dari Pemda Karo /PDAM Tirta Malem berkolaborasi tujuannya untuk mencari akar permasalahan,” imbuh Trisno.

Trisno meyakini langkah ini akan dapat menemukan persoalan yang terjadi di PDAM Tirta Malem. Baik dari segi personel, administrasi, tarif.

“Dari sini  kita evaluasi, dan bisa kita putuskan cara untuk membenahi. Yang penting kita fokus dulu inventarisir (masalah),” katanya.

Menyahuti saran Bupati Karo untuk menemui Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Trisno menyarankan agar membentuk tim lebih dulu.

“Jika tim sudah ada, sangat setuju untuk bertemu dengan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi. Agar Kabupaten Karo juga masuk Tim PDAM Mebidangro. Semua ini untuk kebutuhan anggaran. Kita jadwalkan audiensi ke Pak Gubsu ke depan,” pungkasnya.

Asisten II Pemkab Karo Dapat Kita Sinulingga dan Dirut PDAM Tirta Malem Jonara Tarigan menyatakan akan segera membuat kajian dan  konsep surat tugas pembentukan tim kecil sesuai saran Ketua PD Perpamsi Sumut. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *