Bupati Karo Apresiasi Pembangunan Terminal Tipe B Kabanjahe

oleh -297 Kali Dibaca
Pembangunan Terminal Kabanjahe menjadi Terminal Tipe B. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Terminal Kabanjahe ditingkatkan menjadi terminal tipe B dan menjadi pilot project Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara untuk pembangunan Terminal Tipe B di Provinsi Sumatera Utara.

Kepala Unit Pelayanan Terpadu Pengelolaan Sarana dan Prasarana Perehubungan (UPT PSPP) Terminal Kabanjahe Dameria Tampubolon mengatakan, saat ini terminal Kabanjahe dalam masa pembangunan, dan menjadi Terminal Tipe B yang pertama di Provinsi Sumatera Utara.

“Pembangunan di atas lahan seluas lebih kurang 6.450 meter persegi. Terminal Kabanjahe ini nantinya akan menjadi pilot project Terminal Tipe B pertama di Sumatera Utara,” kata Dameria, Senin 21 September 2020.

Baca Berita:

ASN Harus Bersikap Netral di Pilkada Karo, Bila Berpihak Akan Ada Sanksi

Tokoh Adat Karo Beri Marga Sitepu Kepada Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti

Dijelaskannya, selain memiliki fasailitas utama juga disiapkan sejumlah fasilitas pendukung yang nyaman bagi calon penumpang bahkan pengunjung. Juga disediakan fasilitas dan ruang loket untuk setiap perusahaan angkutan, ruang tunggu penumpang hingga ruang ibu menyusui.

Dameria Tampubolon juga mengutarakan, Terminal Tipe B Kabanjahe dilengkapi gedung berlantai dua yang difungsikan sebagai  Kantor UPT PSPP Kabanjahe, Dishub Sumut.

“Kantor disiapkan di bagian belakang (di lantai 2). Di depannya, kita siapkan ruang ibadah dan tempat makan. Jadi tempat ini juga bisa dijadkan destinasi wisata bagi yang datang ke Karo,” kata Dameria didampingi Kepala Terminal AR Sinaga.

Dikatakannya, pembangunan Terminal Tipe B Kabanjahe berkonsep modern dengan suasana aman, nyaman dan tenang dengan sejumlah fasilitas yang memadai.

Adapun biaya pembangunan Terminal Tipe B Kabanjahe, senilai Rp18,6 miliar yang bersumber dari APBD Sumut 2020.

“Pembangunan sudah dikerjakan sejak Mei 2020, kini sudah mencapai 60 persen,” ujar Dameria.

Bupati Karo Terkelin Brahmana mengapresiasi progres pembangunan Terminal Tipe B Kabanjahe.

“Pembangunan ini juga untuk mendukung Kabupaten Karo sebagai pintu gerbang bagian utara Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba,” katanya.

Terkelin menegaskan dengan fasilitas Terminal Tipe B Kabanjahe dan Dermaga Tongging, tentu memudahkan akses para wisatawan berkunjung ke Kabupaten Karo. (Rep-01)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *