Bupati Karo: TMMD Bukan Saja Mengerjakan Sasaran Fisik Tetapi Lebih Dari Itu

oleh -78 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal Batubara, Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Bupati Karo Terkelin Brahmana meresmikan program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) yang ke-107, di markas Komando Distrik Militer (Kodim) 0205/Tanah Karo, Senin 16 Maret 2020.

“Pelaksanaan TMMD yang ke 107 membawa angin segar bagi masyarakat desa, daerah yang kesehariannya lengang kali ini diramaikan oleh anggota Satgas TMMD, di mana para anggotanya berbaur dengan masyarakat baik saat bekerja membangun akses jalan maupun pada saat istirahat mereka berkumpul dan berkomunikasi dengan masyarakat setempat,” kata Terkelin dalam sambutannya.

Ditegaskannya, TMMD bukan saja mengerjakan sasaran fisik tetapi lebih dari itu, bagaimana masyarakat mengenal anggota TNI lebih dekat lagi.

“Ini juga bagian kegiatan Komsos (komukasi sosial) dengan tujuan lebih mendekatkan diri dengan masyarakat sehingga terciptanya kemanunggalan TNI dengan rakyat,” imbuhnya.

Baca Berita: 

Ini Arahan dan Strategi Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kepada Pemda

Bupati Karo Bentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID 19

Terkelin menilai jika keberhasilan program TMMD ke -107 merupakan suatu hal terpenting untuk dijadikan tolak ukur keberhasilan ditahun berikutnya.

“Oleh sebab itu, apabila perencanaan, pelaksanaan dan laporan hasil kegiatan melalui proses yang benar, selektif, dan akurat di lapangan, maka akan menghasilkan kegiatan yang optimal dan berguna bagi masyarakat Kabupaten Karo,” ujarnya.

Disebutkannya, manfaat TMMD akan memperlancar perekonomian sebagai penghubung, akses jalan untuk membawa hasil pertanian masyarakat yang sudah lancar.

“Bahkan dapat mengurai kemacetan arus lalulintas kabanjahe yang hendak ke Kutacane,” pungkas Terkelin.

Dandim 0205 /TK Letkol Inf Taufik Rizal Batubara selaku penerima kuasa melaksanakan TMMD, berterimakasih kepada Pemda Karo telah memberikan kegiatan sehingga telah terlaksana kegiatan TMMD ke 107.

Dandim menjelaskan, sebelumnya pra-TMMD ke 107 sudah berlangsung.

“Di mana sesuai instruksi komando atas kegiatan TMMD ini kita diberi waktu selama tiga bulan, namun kita optimis selama dua bulan kegiatan TMMD ini akan selesai kita kerjakan.  TMMD kita targetkan rampung  tanggal 12 April 2020  dan akan kita tutup tanggal 14 April 2020. Untuk itu 30 hari kedepan para prajurit akan bersinergi dan bergotong royong dengan Pemda, Polres Karo, maupun segenap komponen bangsa lainnya,” kata Taufik.

Adapun sasaran pengerjaan fisik pada TMMD ke-107 yang dipusatkan di Kecamatan Kabanjahe, meliputi pembuatan jembatan komposit 18 meter x 6 meter, pembuatan bronjong 30 meter, pembuatan parit 200 meter, dengan anggaran APBD Karo tahun 2019.

Peresemian TMMD yang ke-107 dihadiri Kapolres Tanah Karo AKBP  Yustinus Setyo Indriono, Kasdim 0205 /TK Mayor Inf D. Marpaung, Asisten II Pembangunan Pemkab Karo Dapat kita Sinulingga, Kepala Bappaeda Karo Nasib Sianturi, Kepala Dinas PUPR Edward Pontianus Sinulingga, Sekwan DPRD Karo Petrus Ginting, Kabag Umum Hotman Brahmana, Kabag Protokoler Frans Leo Surbakti, para personel  Kodim 0205/TK.

Diakhir peresmian program TMMD yang ke-107, Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal menandatangani naskah serah terima tugas dan tanggung jawab. Bupati Karo dan Dandim 0205/TK beserta pejabat lainnya melakukan peninjauan lokasi pengerjaan, program TMMD di Kacaribu, Kabanjahe.   (Rep-01)   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *