Dua Gempa Bumi Landa Curup dan Kepahiang, Bengkulu

oleh -212 Kali Dibaca
Pusat gempa bumi Magnitudo 4,2 di Rejang Lebong, Kamis 17 Desember 2020, pukul 09.17 WIB. [Foto BMKG | Rienews]

RIENEWS.COM –  Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, diguncang dua gempa bumi. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, dua gempa bumi terjadi, Kamis pagi, 17 Desember 2020.

Gempa pertama bermagnitudo (M) 3,3 terjadi sekitar pukul 09.14 WIB. BMKG merilis pusat gempa berada di darat 7 kilometer timur laut Kabupaten Rejang Lebong.

Guncangan gempa dirasakan dalam skala  III Modified Mercally Intensity (MMI) di Kota Curup, Ibu Kota Kabupaten Rejang Lebong, dan dalam skala intensitas II MMI di Kabupaten Kepahiang.

Mengutip laman BMKG, gempa kedua dengan M4,2 terjadi sekitar pukul 09.17 WIB. Disebutkan, pusat gempa berada di 7 kilometer timur laut Rejang Lebong.

Baca Berita:

Mobile Lab BSL-2 Varian Bus Untuk Percepatan Proses 3T di Daerah

Ini Penyebab Gempa Magnitudo 6,2 di Kepulauan Sangihe

Guncangan gempa kedua ini dirasakan dalam skala intensitas III-IV MMI di wilayah Kota Curup, dan dalam skala intensitas II MMI di wilayah Kepahiang.

Dalam laman BMKG, dijelaskan skala II MMI; getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Skala III MMI; getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Sedangkan untuk skala IV MMI; pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Hingga berita ini diturunkan belum ada laporan dampak guncangan gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Rejang Lebong. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *