Jalan Kantilever Medan-Berastagi Mulai Dikerjakan 2021

oleh -175 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama anggota Komisi V DPR RI Bob Andika Mamana Sitepu, Kepala Bappeda Karo Nasib Sianturi menyerahkan buku tabungan BSPS kepada warga. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Bupati Karo Terkelin Brahmana mengungkapkan pembangunan jalan alternatif Medan-Berastagi akan direalisasikan pada tahun 2021. Rencananya, pembangunan jalan alternatif dengan konstruksi kantilever (cantilever) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan anggaran sebesar Rp128 miliar.

Terkelin mengaku mendapatkan informasi rencana pembangunan jalan Medan-Berastagi dari anggota Komisi V DPR RI Bob Andika Mamana Sitepu, saat menghadiri penyerahan bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) Kementerian PUPR, pekan lalu, di Desa Tanjung Barus, Kecamatan Barusjahe, Kabupaten Karo.

“Pembangunan (jalan) cantilever Medan-Berastagi ini disampaikan Bob Andika Mamana Sitepu, saat ada acara penyerahan BSPS, pekan lalu,” ujar Terkelin Brahmana, Selasa 20 Oktober 2020.

Usulan pembangunan jalan Medan-Berastagi, sebelumnya didorong Pemkab Karo, namun alami kebuntuan.

“Berkat usaha anggota Komisi V DPR RI Bob Andika Mamana Sitepu berkolaborasi bersama Pemkab Karo, akhinya membuahkan hasil, tahun 2021 akan direalisasikan,” ucap Terkelin.

Baca Berita:

DPRD Sumut Akan Bentuk Pansus Aset Eks Bioskop Ria Kabanjahe

Ketua DPRD Sumut Bagikan Masker Kepada Warga di 14 Desa

Bob Andika Mamana Sitepu menegaskan, tender pengerjaan proyek jalan kantilever Medan-Berastagi akan dilangsungkan tahun ini.

“Tahun 2020 ini akan ditenderkan dan dikerjakan bulan Januari 2021. Jadi ini murni saya yang teriak ke Bapak Menteri saat ada agenda rapat di Komisi V DPR RI. Akhirnya, Kementerian PUPR memperhatikan jalan Medan-Beratagi lewat pembangunan (jalan) kantilever bukan jalan tol. Pembangunan kantilever akan menggelontorkan dana Rp128 miliar,” katanya.

Berdasarkan catatan media, usulan pembangunan jalan alternatif Medan-Berastagi sudah masuk Desk Musrenbang dalam APBN 2020-2024.  Kawasan pembangunan jalan kantilever Medan-Berastagi melintasi kawasan Tirtanadi dan Panatapan.

Sebelumnya, Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) Provinsi Sumatera Utara, Arman Effendy Pohan menyatakan,  di tahun 2021 akan membangun jalan alternatif Medan-Berastagi, untuk mengatasi  kemacetan di kota wisata Berastagi, Kabupaten Karo. Rencananya, jalan alternatif akan dibangun di jalan provinsi kawasan Simpang Tongkoh hingga Desa Basam. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *