Kebakaran Lahan Seluas 4 Hektar Lebih di Ogan Hilir Berhasil Dipadamkan

Petugas gabungan berupaya memadamkan api dalam peristiwa kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Ogan Hilir, Sumatera Selatan. [Foto Ist]

RIENEWS.COM – Seluas 4 hektar lebih lahan yang berada di Desa Ibul Besar I, Kecamatan Pemulutan dan Desa Palem Raya di Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Hilir, Provinsi Sumatera Selatan, terbakar.

Kejadian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tersebut telah berhasil dipadamkan oleh satuan tugas gabungan terdiri dari BPBD, Manggala Agni, TNI, Polri dan masyarakat pada Minggu malam, 25 Juli 2021.

Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari menyebutkan, peristiwa Karhutla teridentifikasi pada Minggu malam, kemarin.

“Peristiwa tersebut teridentifikasi pada Minggu sekitar pukul 19.00 WIB. Satgas melakukan pendinginan setelah pemadaman pada area terbakar. Satgas yang terdiri dari unsur BPBD, Manggala Agni, TNI, Polri dan masyarakat dapat mengendalikan titik api setelah mendapatkan informasi dari masyarakat,” kata Abdul Muhari dalam siaran pers, Senin pagi, 26 Juli 2021.

Baca: Presiden Jokowi Tekankan Upaya Pencegahan Karhutla

Dijelaskannya, dalam upaya pemadaman api, petugas gabungan menggunakan jet shutter dan spray nozzle.

“Petugas memanfaatkan sumber air dari kanal untuk pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Di samping itu, peralatan sederhana seperti gepyok juga didayagunakan. Satgas berhasil memadamkan api sekitar pukul 23.30 WIB,” kata Muhari.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Ilir melaporkan total luas lahan terbakar mencapai 4,04 hektar, dengan rincian hektar berada di Kecamatan Pemulutan dan sisanya di Kecamatan Indralaya Utara.

Baca Juga: