Pemkab Karo-USI Teken MoU Program Kampus Merdeka

oleh -80 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama Rektor USI Corry, menunjukkan naskah MoU yang telah ditandatangani. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Karo mendukung program Kampus Merdeka yang digalakkan Universitas Simalungun (USI). Bentuk dukungan ini diwujudkan dalam penandatanganan memorandum of understanding (MoU) oleh Bupati Karo Terkelin Brahmana dan Rektor USI Dr. Corry, M.Si., pada Kamis 11 Februari 2021, di Kampus USI, Jalan Sisingamangaraja, Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara.

Rektor USI menyebutkan, program Kampus Merdeka meliputi delapan kegiatan di luar kampus.

“Kebijakan Kampus Merdeka ini merupakan kelanjutan dari konsep Merdeka Belajar. Intinya, adanya MoU ini akan memperkuat dan memberikan energi positif bagi mahasiswa dalam mengikuti program  Kampus Merdeka yang isinya mengenai pemberian hak kepada mahasiswa untuk mengambil mata kuliah di luar Prodi dan melakukan perubahan definisi Satuan Kredit Semester (SKS),” kata Corry.

Dijelaskannya, kesepakatan Pemkab Karo-USI ini akan dikembangkan sesuai MoU mencakup  delapan contoh kegiatan mahasiswa yang dapat dilakukan di luar kampus asal. Antara lain:  1) magang/praktik kerja, 2) proyek di desa, 3) mengajar di sekolah, 4) pertukaran pelajar, 5) penelitian/riset, 6) kegiatan wirausaha, 7) studi/proyek independen, 8) proyek kemanusiaan.

Baca Juga:

Jelajah Imlek, Hoki di Berbagai Kota Indonesia Versi Tiket.com

Bupati Karo-Kadishub Sumut Bahas Rencana Peresmian Terminal B Modern Pertama di Sumut

“Semua kegiatan (program) Kampus Merdeka wajib dibimbing oleh seorang dosen. Kegiatan yang berada di luar perguruan tinggi asal, misalnya magang atau proyek di desa, dapat diambil sebanyak dua semester,” imbuhnya.

Bupati Karo Terkelin Brahmana menegaskan, Pemkab Karo mendukung program Kampus Merdeka, kegiatan belajar di luar kampus disesuaikan dengan bobot SKS.

“Pada prinsipnya Pemkab Karo mendukung program Kampus Merdeka. Potensi apa yang tersedia di Kabupaten Karo, silakan Univeristas Simalungun segera lakukan dan jalankan delapan program Kampus Merdeka di wilayah Karo. Kami merasa senang bisa membantu mahasiswa dalam berbagi ilmu dan menularkan ilmunya bagi masyarakat di Karo. Orientasi  tersebut memaknai dan membuka peluang mahasiswa dalam mengaplikasikan sebagai jam kegiatan menggantikan  jam belajar,” imbuhnya.

Penandatanganan MoU dihadiri Ketua Yayasan Universitas Simalungun Amsar Saragih, Wakil Rektor, dekan dan dosen USI, Kabag Otda Karo Robinson Brahmana, Sekretaris Bappeda Amal Sembiring, dan Kabag Humas Pemkab Karo Frans Leo Surbakti. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *