8.500 KPPS Pilbup Karo Akan Jalani Rapid Tes Covid-19

oleh -84 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana, Ketua KPUD Karo Gemar Tarigan, Kepala Dinas Kesehatan Karo Irna Safrina Meliala, dan Kabag Humas Protokokl F. Leonardo Surbakti. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Karo Gemar Tarigan mengungkapkan, sebanyak 8.500 petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) Pemilihan Bupati (Pilbup) Karo akan menjalani pemeriksaan Covid-19.

Hal ini disampaikan Gemar Tarigan dalam pertemuan dengan Bupati Karo Terkelin Brahmana, Kepala Dinas Kesehatan Karo Irna Safrina, Kabid Kesbangpol Taruna Bakti Perangin-angin dan Kabag Humas Protokokl F. Leonardo Surbakti, di ruang kerja Bupati Karo, Senin 12 Oktober  2020.

Gemar Tarigan menyebutkan, rencana pemeriksaan, rapid test  Covid-19 bagi 8.500 KPPS Pilbup Karo akan dilaksanakan sejak 8 November hingga 23 November 2020.

“Pemeriksaan Covid-19 bagi anggota KPPS ini rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 8 sampai 23 November 2020 di Puskesmas kecamatan masing-masing dengan melibatkan Dinas Kesehatan Karo, untuk memastikan anggota KPPS bebas Covid-19 dalam Pilkada 2020 ini,” kata Gemar.

Baca Berita:

Bupati Apresiasi Usaha Bob Andika Sukses Bawa Program BSPS ke Karo

Bupati Karo Resmikan Desa Kutarayat Sebagai Kuta Paguh Cegah Covid-19

Ditegaskannya, pembiayaan pemeriksaan bagi seluruh KPPS akan ditanggung anggaran KPUD Karo.

“Seluruh anggaran disediakan KPU Kabupaten Karo, dan pelaksaanan teknis kegiatannya akan  dilaksanakan Dinas Kesehatan Karo,” imbuh Gemar.

Kepala Dinas Kesehatan Karo Irna Safrina menegaskan, pihaknya siap membantu KPUD Karo dalam melakukan pemeriksaan kepada KPPS. Irna meminta KPUD Karo mengirimkan data anggota KPPS yang akan menjalani pemeriksaan Covid-19.

“Agar segera mengirim data anggota KPPS yang akan diperiksa, serta review dengan Inspektorat Kabupaten Karo agar kita dapat segera memesan alat rapid test tersebut,” kata Irna.

Bupati Karo Terkelin Brahmana menegaskan, Pemkab Karo siap membantu KPUD Karo dalam menyukseskan perhelatan Pilbup Karo yang digelar dalam Pilkada Serentak 2020, pada 9 Desember mendatang.

“Pemerintah Kabupaten Karo pada intinya siap berkoordinasi dengan KPU Karo guna menyukseskan setiap tahapan Pilkada Kabupaten Karo 2020 agar berjalan dengan baik. Terlebih agar para petugas pemungutan suara bebas dari Covid-19,” kata Terkelin. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *