Bupati Karo Ingin Bangun Gedung Kebudayaan Karo di Pajak Buah Berastagi

oleh -1.077 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana (tengah) saat melakukan blusukan ke Pajak Buah Berastagi, Jumat 2 Februari 2018.

RIENEWS.COMDalam blusukan ke Pajak Buah Berastagi, Jumat 2 Februari 2018. Bupati Karo Terkelin Brahmana berkeinginan membangun Gedung Kebudayaan Karo di Pajak Buah Berastagi, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Gedung Kebudayaan Karo akan menggambarkan kekayaan arsitektur tradisional budaya dan kearifan lokal.

KLIK: Bupati Karo Perintahkan Pemindahan Kontainer Sampah Pajak Buah Berastagi

Menurut Terkelin, lokasi pembangunan Gedung Kebudayaan berada di areal kontainer sampah di Pajak Buah Berastagi.

“Setelah lokasi kontainer sampah pindah. Kadis Pariwisata koordinasi dengan Dinas PUPR. Buatkan gambar dan perencanaan agar lahan yang telah kosong tersebut dimanfaatkan pembangunan gedung dengan menggambarkan modernitas dalam bentuk arsitektur tradisional nuansa budaya Karo sekaligus menggambarkan kekayaan ketukangan dalam arsitektur serta kesadaran penggunaan material lokal yang murah, meriah, dan bermanfaat sekali yaitu kayu, batu, batubata, beton, dan bambu. Tujuan akan mengangkat karya arsitektur tradisional dengan daya tarik kearifan lokal dan budaya Karo,” ujar  Bupati Karo.

Dijelaskannya,  warisan budaya dan teknologi yang sudah ada, dengan inovasi dan ide kreatif dapat melahirkan suatu karya arsitektur yang mengangkat wisata Karo.

“Ini maunya dipikirkan, sehingga nantinya bangunan yang akan dibangun ini bernuansa budaya beradaptasi dengan alam, gedung baru ini nantinya akan dikelola oleh ibu-ibu Dekranasda Kabupaten Karo, misalnya berjualan souvenir hasil kerajinan ibu PKK Kabupaten Karo, dan lainnya,” imbuh Terkelin.

Kepala Dinas Pariwisata Karo Mulia Barus menegaskan akan segera menindaklanjuti instruksi Bupati Karo.

“Saya optimis dan segera menindaklanjuti dan akan berkolaborasi dengan Dinas PUPR secepatnya. Program tersebut akan kita kerjakan sesuai rencana Pak Bupati Karo,” ujar Mulia Barus. (BAY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *