Bupati Karo-Layari Sinukaban Dukung Warga Normalisasi Gorong-Gorong

oleh -1.225 Kali Dibaca
Anggota Komisi D DPRD Sumut, Layari Sinukaban bersama Bupati Karo Terkelin Brahmana meninjau kondisi gorong-gorong di Jalan Provinsi Desa Peceran, Sempajaya, Kecamatan Berastagi, Kamis 4 April 2019. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Bupati Karo Terkelin Brahmana menegaskan Pemerintah Kabupaten Karo siap membantu masyarakat dalam upaya menormalisasi gorong-gorong di Jalan Provinsi kawasan Desa Peceren, Kelurahan Sempajaya, Kecamatan Berastagi.

“Prinsipnya, sepanjang Pemkab Karo dapat membantu sesuai kemampuan dan kewenangan kita, maka Pemkab Karo akan turunkan. Misalnya diminta alat berat dan satu unit  kendaraan truk, kita berikan,” kata Terkelin Brahmana.

Hal ini diutarakan Bupati Karo Terkelin Brahmana saat meninjau gorong-gorong di Jalan Provinsi, Desa Peceren, Kelurahan Sempajaya, Kecamatan Berastagi, bersama anggota Komisi D DPRD Sumatera Utara (Sumut), Layari Sinukaban.

Anggota DPRD Sumut dari daerah pemilihan (Dapil) Karo, Layari Sinukaban, Kamis 4 April 2019, mengajak Bupati Karo Terkelin Brahman bersama Kepala PUPR Paten Purba, Kabib Bina Marga Hendra Mitcon Purba, meninjau gorong-gorong yang berada di Jalan Provinsi.

Layari mengungkapkan, selama sepekan ini ia menerima banyak keluhan dari masyarakat, khususnya masyarakat Desa Peceren yang mengeluh saluran gorong-gorong airnya kerap meluber ke jalan saban hujan turun. Disebutkan Layari, gorong-gorong di Jalan Provinsi Desa Peceren ditangani (kewenangan) Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional.

Baca Berita:

Yonif Simbisa Gelar “Jumat Bersih” di Pajak Kabanjahe dan GBKP Runggun

Layari Sinukaban Ajak Bupati Karo Tinjau Pelebaran Jalan Nasional Tahap II

“Ini informasi yang kita dapatkan, kebetulan sedang berada di Karo dalam tugas rutin sebagai anggota DPRD-SU, maka kesempatan ini saya luangkan meninjau gorong-gorong tersebut,” ungkap Layari Sinukaban.

Hasil peninjauan di lokasi gorong-gorong, Layari menegaskan, saluran tersebut tersumbat.

“Ternyata gorong-gorong kita pastikan akibat sumbat saja. Untuk itu, saya tadi berkoordinasi  kepada Bupati Karo melalui Dinas PU PR, kiranya jumat (5 April 2019) alat berat dapat diturunkan. Sedangkan untuk pekerja, tadi sudah saya sampaikan  ke Kepala Desa Peceren agar diambil sebanyak 10 orang, bersama-sama alat berat Pemda untuk gotong-royong. Terkait gajinya jangan pikirkan, saya akan tanggung semuanya. Yang penting masyarakat Peceren tidak kecewa lagi jika hujan turun,” tegas Layari.

Bupati Karo Terkelin Brahmana menyatakan akan mengerahkan alat berat membantu warga membersihkan gorong-gorong.

“Jumat (5 April 2019) alat berat kita dan truk sudah kita turunkan ke lokasi. Sesuai janji pukul 10.00 WIB, baik truk Dinas LHK satu unit, sudah dikontak staf kita. Besok sudah menuju Desa Peceren,” kata Terkelin.

Disebutkan Terkelin, hasil peninjauan yang dilakukannya bersama Layari Sinukaban, diketahui gorong-gorong tersumbat oleh banyak material, sehingga saat hujan, air dari saluran gorong-gorong meluber ke jalan.

“Ini berbahaya bagi pengguna jalan baik kendaraan dan orang sedang melintas. Untuk itu, langkah yang dibijaksanai oleh Pak Layari ini patut kita apresiasi atas kepeduliannya terhadap Kabupaten Karo, khususnya dalam perbaikan kemajuan masyarakat  Tanah Karo,” imbuh Terkelin.

Apresiasi atas kepedulian Layari Sinukan juga diungkapkan Kepala Desa Peceran, Nabi Purba.

“Terima kasih atas kepedulian Pak Layari Sinukaban anggota DPRD Sumut, telah meluangkan wkatunya datang ke kampung kami ini. Besok kami siapkan 10 orang pekerja,” kata Purba. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *