Bupati Karo: Perencanan Pembangunan Harus Satu Pintu

oleh -1.476 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana menghadiri Musrenbang Provinsi Sumatera Utara, Kamis 12 April 2018, di Hotel Santika Premiere Dyandra, Kota Medan. [Foto Rienews.com]

RIENEWS.COMGubernur Sumatera Utara T. Erry Nuradi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Sumatera Utara Tahun 2018, di Hotel Santika Premiere Dyandra, Jalan Kapten Maulana Lubis, Kamis 12 April 2018.

Hadir dalam kegiatan Musrenbang itu, Bupati Karo Terkelin Brahmana, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Bupati/Walikota se-Provinsi Sumatera Utara, anggota DPD RI Parlindungan Purba, Kepala Bappeda Karo Nasib Sianturi.

“Kegiatan Musrenbang ini sudah keharusan setiap tahunnya dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dengan mengundang kabupaten/kota se-Sumatera Utara, dengan  tujuannya dalam rangka sinkronisasi dan koordinasi tentang rencana pembangunan, penyelaras program, target, dan lokasi antara provinsi dengan kabupaten/kota sesuai bidang pemerintahannya,” kata Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Kepala Bappeda Nasib Sianturi.

KLIK: Door! Mantan Napi Curanmor Ditembak, Penadahnya Turut Ditangkap

Selain itu sinkonisasi mulai dari bawah, seperti kebutuhan dari OPD (Organisasi Perangkat Daerah) kemudian ditampung oleh Bappeda semua masukan, setelah itu baru masuk ke provinsi, yakni Musrenbang tingkat provinsi.

“Jangan nanti ada masuk di tengah jalan, semua harus satu pintu.  Kemudian ada juga nanti membuat program ke pusat tidak melalui Bappeda Kabupaten Karo , mungkin para OPD karena kenal di pusat, lalu lakukan lobi-lobi tanpa mekanisme di atas. Nah, ini sudah tidak zamannya lagi, karena sekarang sudah transparansi dan E-Planning,  ini yang  kita inginkan ke depan sehingga di Musrenbang inilah sudah tertampung rencana kegiatan terencana,” imbuh Terkelin.

Dia menambahkan, tema Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun  2019 “Percepatan Pembangunan Untuk Mendorong Penciptaan Ekonomi yang Tangguh Dalam Rangka Mewujudkan Sumatera Utara yang Mandiri, Makmur, dan Berkeadilan”.

Kepala Bappeda Nasib Sianturi mengatakan, sebanyak 20 Eselon II mengikuti Pra-Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Utara (Musrenbang RKPD Provsu) tahun 2018, di Hotel santika Medan, sejak 9 April hingga 11 April 2018.

“Jadi untuk Pemkab Karo, semua aspirasi para OPD dalam dinasnya, harus mengusulkan melalui Bappeda kemudian  prioritas dan saran pembangunan yang nantinya akan dijaring berdasarkan skala prioritas pembangunan untuk dimasukkan sebagai masukan dan saran ke Musrenbang provinsi. Begitulah sistem yang diterapkan, tahun ini maupun untuk tahun 2019 ke depan,” jelas Nasib Sianturi.

Diakhir acara, Bupati Karo bersama Kepala Bappeda Karo, meninjau stan Bappeda Karo, yang disambut Staf Ekonomi Rut Br Ginting. Di stan itu,   memajangkan dan mempromosikan kepada para ASN kabupaten/kota se-Sumatera Utara, segala hasil perencanaan yang selama ini dihasilkan dari produk-produk IKM Binaan Dinas Koperindag/Dekranasda Kabupaten Karo. (Bay)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *