Bupati Mengenang Jasa Pahlawan Nasional Asal Karo

oleh -1.390 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana dan Wakil Bupati Cory Serawaty Sebayang menabur bunga di Makam Pahlawan Nasional Kiras Bangun.

 

Bupati Karo Terkelin Brahmana dan Wakil Bupati Cory Seriwaty Sebayang menabur bunga di Makam Pahlawan Nasional Kiras Bangun.

RIENEWS.COM – Tahun 1949, pertempuran hebat melawan tentara Belanda dan tentara sekutu berlangsung di sejumlah daerah di Indonesia. Di Tanah Karo, pertempuran hebat tentara Indonesia berlangsung dipimpin Pahlawan Nasional asal Tanah Karo yakni Djamin Ginting, Kiras Bangun (Gara Mata), serta pejuang Selamat Ginting.  

Bupati Karo Terkelin Brahmana menyatakan pertempuran yang dipimpin Pahlawan Nasional itu berlangsung secara hebat.

“Mereka dengan gigih bertempur secara frontal dengan musuh. Pertempuran paling dekat dan paling hebat dari tahun 1949, dengan tentara Belanda, tentara sekutu,” kata Bupati Karo Terkelin Brahmana saat berziarah ke makam Kiras Bangun dalam rangkaian memperingati Hari Pahlawan, Jumat 10 November 2017.

“Jumlah korban jiwa ribuan dari ketiga resimen ini. Korban nyawa yang gugur di medan perang hampir sama dengan pertempuran 10 November 1945 di Surabaya,” kata Terkelin.

Baca: Pemkab Karo Upacara di Hari Pahlawan

“Kita mengenang sosok pahlawan dari daerah Tanah Karo Simalem. Djamin Ginting dari Kampung Suka, Selamat Ginting dari Kampung Kuta Bangun, Kiras Bangun (Gara Mata) dari Kampung Batu Karang. Kita sudah bersama-sama mengadakan ziarah dan  tabur bunga ke Makam Pahlawan tersebut,” sebut Terkelin.

Ditegaskannya, perlawanan yang dilakukan para pahlawan dan pejuang,  memperlihatkan kepada dunia internasional, betapa segenap rakyat Indonesia dari berbagai ras, suku, agama, budaya dan berbagai bentuk partikularisme golongan.

“Melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak, dan menyerahkan hidupnya. Jiwa raganya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia,” ungkap Bupati Karo dalam sambutannya.

Ziarah ke makam Kiras Bangun di Desa Batukarang, Kecamatan Payung, Kabupaten Karo, dihadiri Wakil Bupati Karo Cory Seriwaty Sebayang, Kapolres Tanah Karo AKBP Rio Nababan, Kajari Karo Gloria Sinuhaji, Kasdim 0205/TK Mayor Inf A. Sidauruk, dan keluarga Pahlawan Nasional Kiras Bangun.

Personil TNI dan Polri, para ASN Pemkab Karo, Camat Payung Jepta Tarigan, para pelajar, tokoh masyarakat Sastra Purba, Kades Batukarang Roin Andreas Bangun, dan tokoh masyarakat Batukarang. (BAY)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *