Dialog Dengan Warga Pancur Batu, Bang Ijeck Bicara Sejarah dan Pembangunan

oleh -1.174 Kali Dibaca
Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah. [Foto Rel|Rienews.com]

 

Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah. [Foto Rel|Rienews.com]
RIENEWS.COMCalon Wakil Gubernur Sumatera Utara nomor urut 1, Musa Rajekshah, akrab disapa Bang Ijeck, Rabu 28 Maret 2018, berdialog dengan warga Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang.

Dalam dialog itu, pasangan Edy Rahmayadi dalam Pemilihan Gubernur Sumatera Utara 2018, berbicara sejarah Kecamatan Pancur Batu.

Dikatakan Ijeck, masa kolonial Belanda, wilayah Pancur Batu dikenal dengan sebutan Arnhemia.

“Ibu-ibu masih ingat sejarah Pancur Batu apa sudah lupa. Bapak-bapaknya cemana,”  kata Ijeck mengawali dialognya dengan warga Desa Pertampilan, Kecamatan Pancur Batu .

Kepada warga dari etnis Melayu Karo itu, Ijeck menukil catatan sejarah, di wilayah Arnhemia, dulunya terdapat perkebunan tembakau milik perusahaan Belanda, Deli Maatschappij, bermarkas di Rotterdam.

KLIK: Ini Keunikan Pasar Bunga di Kota Wisata Berastagi

“Inilah alasan kenapa di Pancur Batu terdapat stasiun kereta api yang boleh dibilang cukup besar pada masa jayanya,” ujar Ijeck dalam pertemuan yang digelar di rumah Bendahara KSPSI Sumut, Daud Tarigan.

Hadir dalam dialog tersebut Ketua PBB Sumut, Ketua KSPSI 1973 Sumut, Uca Sinulingga serta tokoh adat.

Disebutkan Ijeck, wilayah Pancur Batu telah direncanakan sebagai sebuah kota penting di wilayah berpenduduk asli suku Karo, masuk dalam administrasi Kabupaten Deli Serdang.

“Makanya di sini terdapat fasilitas perkantoran pemerintahan, penjara, rumah sakit, kantor pos, pasar, terminal dan sebagainya. Lalu sekarang kita miris karena minimnya perhatian pemerintah,” imbuh Ijeck.

Ijeck menegaskan, warga Pancur Batu harus mengambil peran dalam mengembalikan kejayaan Pancur Batu.

Bila peran masyarakat dilibatkan dalam pembangunan, maka tak ada lagi infrastruktur yang terbengkalai bertahun-tahun serta pertanian yang terombang-ambing oleh permainan harga.

“Mari kita awali peran itu dengan menggunakan hak pilih kita pada Pilgubsu 27 Juni 2018 di TPS. Dukunglah pasangan calon yang mengenal Sumut ini dengan baik agar provinsi kita ini bermartabat. Pilih nomor urut 1 pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah,” seru Ijeck, disambut tepuk tangan ratusan warga yang hadir.

Di kesempatan itu, Ijeck mengaku memahami apatisme masyarakat terhadap politik.

“Saya maklum ada masyarakat yang bilang, kami ini banyak janji karena ada maunya aja ngomong kayak gini. Saya berani bilang, bahwa Pak Edy dan saya bukan orang yang terbiasa melanggar janji. Dan, majunya kami pada Pilkada ini bukan karena kepentingan pribadi. Semua ini demi Sumut bermartabat,” pungkas Ijeck.  (Rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *