Gempa Darat Kembali Terjadi, Ambon Diguncang Gempa Magnitudo 4,1

oleh -157 Kali Dibaca
Tangkapan layar peta guncangan gempa magnitudo 4,1 di Ambon. [Foto BMKG | Rienews]

RIENEWS.COM – Gempa bumi yang berlokasi di darat kembali melanda wilayah Indonesia. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, Jumat 11 Desember 2020, sekitar pukul 15.16 WIB, terjadi gempa bermagnitudo (M) 4,1 di Ambon, Provinsi Maluku.

Lokasi episenter gempa berada di 26 kilometer barat Ambon, dengan kedalaman 10 kilometer. Menurut BMKG, gempa yang terjadi dirasakan dalam skala Modified Mercalli Intensity (MMI) II-III.

Skala dalam intensitas II-III MMI dikategorikan lemah. Skala II MMI, diilustrasikan guncangan gempa seperti getaran yang dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sedangkan skala dalam intensitas III MMI, diilustrasikan getaran dirasakan nyata dalam rumah.

Baca Berita:

Gempa Tektonik Dangkal di Brebes, 23 Rumah di Kuningan Rusak

Hari Ini Brebes Diguncang Gempa Darat 4,2 Magnitudo

BMKG menyarankan warga waspada terhadap gempa susulan yang mungkin terjadi.

Gempa yang terjadi di Ambon, merupakan gempa darat yang kedua kali terjadi di Tanah Air, hari ini (Jumat 11 Desember 2020). Gempa sebelumnya mengguncang Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Guncangan gempa M4,2 itu dirasakan di wilayah Kabupaten Kuningan dan Cirebon, Jawa Barat.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan, dampak gempa M4,2 menyebabkan 23 unit rumah warga rusak.

“Data sementara Pusdalops BNPB per 11 Desember 2020, pukul 13.00 WIB, sebanyak 23 rumah rusak di wilayah Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat. Kategori rusak sedang 4 unit dan rusak ringan 19. Rumah mengalami kerusakan meskipun kekuatan guncangan pada skala II MMI. Sedangkan kerusakan lain, BPBD Kabupaten Kuningan mencatat 2 unit fasilitas umum,” sebut Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati dalam siaran persnya, Jumat siang.

Hingga Jumat sore, Rienews belum memperoleh informasi  dampak gempa M4,1 di Ambon. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *