Jalan Desa Kubucolia-Sukanalu Akses Baru Menuju Danau Toba

oleh -1.746 Kali Dibaca
Camat Dolat Rayat Leonard B. Girsang (4 kiri) berdama Camat Barusjahe Kampiun Sitepu (5 kiri) bersama dengan Kepala Desa Kubucolia Budiman Ginting, Kepala Desa Sukanalu Pasti Tarigan bersama masyarakat di Jalan Desa Kubucolia–Sukanalu usai meninjau lokasi jalan memperpendek jarak tempuh menuju wisata Danau Toba.

Camat Dolat Rayat Leonard B. Girsang (4 kiri) berdama Camat Barusjahe Kampiun Sitepu (5 kiri) bersama dengan Kepala Desa Kubucolia Budiman Ginting, Kepala Desa Sukanalu Pasti Tarigan bersama masyarakat di Jalan Desa Kubucolia–Sukanalu usai meninjau lokasi jalan memperpendek jarak tempuh menuju wisata Danau Toba.

RIENEWS.COM – Bagi Anda warga Kota Medan dan sekitarnya yang ingin menuju wisata Danau Toba, dapat mencoba akses jalan di Desa Kubucolia, Kecamatan Dolat Rayat, dengan Desa Sukanalu, Kecamatan Barusjahe, Kabupaten Karo.

Camat Dolat Rayat Leonard B. Girsang dan  Camat Barusjahe Kampiun Sitepu mengklaim, jalan dari kedua desa itu memperpendek jarak tempuh menuju wisata Danau Toba dari Kota Medan.

“Dengan dibukanya jalan penghubung Kecamatan Dolat Rayat dengan Kecamatan Barusjahe melalui Desa Kubucolia –Sukanalu akan mempersingkat jarak ke Danau Toba dari kota Medan. Karena jalan yang dibuka tersebut akan memotong jarak antara Taungkeh – Sukanalu,”  kata Camat Dolat Rayat Leonardi B.Girsang didampingi Camat Barusjahe Kampiun Sitepu.

Kondisi jalan saat ini, sebagian masih jalan tanah dan sebagian sudah dibatui (sirtu) dengan lebar 3 meter.

Untuk memperlancar akses jalan  menuju wisata Danau Toba itu, kedua camat sepakat dilakukannya pelebaran badan jalan dari 9 meter menjadi 12 meter dengan panjang sekitar 3 kilometer.

“Kita harapkan anggaran untuk pelebaran sekaligus pengaspalan jalan tersebut dapat ditampung pada Tahun Anggaran  2018. Agar masyarakat dapat segera menikmati hasilnya,” ujar Leonardi dan Kampiun.

Rencana pelebaran jalan mendapat sambutan dari 80 kepala keluarga yang tanahnya terkena pelebaran jalan.

Kepala Desa Kubucolia Budiman Ginting dan Kepala Desa  Sukanalu Pasti Tarigan memastikan sampai kini belum ada penolakan dari warga yang tanahnya terkena pelebaran jalan.

Namun, kata Pasti Tarigan, ada hal yang perlu dipertimbangkan yakni menyangkut adanya tanah warga yang akan terpakai keseluruhan dalam pelebaran jalan, karena kondisi topografi di lokasi, bersebelahan dengan jurang. Untuk pelebaran jalan   hanya bisa dilakukan pada satu sisi saja.

“Hal ini akan kami bicarakan lebih lanjut dengan Bappeda atau pihak Pemkab Karo,” ujar Pasti Tarigan saat mendampingi Camat Dolat Rayat dan  Camat Barusjahe melakukan peninjauan dan sosialisasi di lokasi, Kamis 23 November 2017.

Akses jalan Desa Kubucolia-Desa Sukanalu juga mempersingkat jarak tempuh dari Kota Medan- Kabupaten Dairi- Pakpak Barat-Samosir-Tobasa-Humbahas-Simalungun atas hingga dan Provinsi Aceh.

“Sebagai tindak lanjut survei lapangan dan sosialisasi tersebut, dalam waktu dekat ini pihak Pemkab Karo akan segera turun ke lapangan,” kata Camat Barusjahe, Kampiun Sitepu. (BAY)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *