Kadis Perkim Karo Diperiksa Sebagai Tersangka Korupsi

oleh -1.421 Kali Dibaca
Candra Tarigan dan Radius Tarigan tiba di Gedung Kejari Karo, Jumat 21 September 2018. [Foto Rienews]

RIENEWS.COM – Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Karo memeriksa Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Karo Candra Tarigan dalam kasus penyidikan korupsi pembangunan Tugu Menjuah Juah Berastagi (TMJB), Jumat 21 September 2018. Candra Tarigan diperiksa dengan status tersangka.

Selain Candra, penyidik dari Seksi Pidana Khusus Kejari Karo juga memeriksa Radius Tarigan. Ini merupakan pemeriksaan pertama kali dilakukan penyidik Kejaksaan Negeri Karo kepada para tersangka.

Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Karo Dapot Manurung membenarkan pemeriksaan kedua tersangka korupsi TMJB tersebut.

Berita Sebelumnya: Ini 4 Tersangka Korupsi Tugu Menjuah Juah Berastagi Rp650 Juta

Baca Berita: Dituduh Curi Sawit, Ahli Waris PT Moeis Tolak Perdamaian

“Benar saat ini telah kita lakukan pemeriksaan terhadap kedua tersangka yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Karo, Candra Tarigan, dan Radius Tarigan,” ujar Kasi Pidsus Dapot Manurung di ruang kerjanya.

Dapot mengungkapkan ada 15 hingga 19 pertanyaan penyidik yang akan diajukan kepada kedua tersangka.

“15 hingga 19 pertanyaan kepada masing-masing tersangka,” imbuh Dapot Manurung.

Candra dan Radius tiba di Gedung Kejari Karo sekitar pukul 11.30 WIB. Hingga pukul 16.00 WIB, kedua tersangka masih menjalani pemeriksaan. Pengamatan wartawan di gedung Kejari Karo, Candra Tarigan sempat keluar ruang pemeriksaan menuju toilet.

Kasi Pidsus Kejari Karo belum dapat memastikan setelah pemeriksaan apakah keduanya langsung ditahan.

“Semua akan kita ketahui, itu ada sepenuhnya di tangan Kajari Karo (Gloria Sinuhaji). Kita hanya selaku pemeriksa terhadap tersangka. Semua keputusan ada di tangan Kajari,” ujar Dapot Manurung.

Mengenai dua tersangka lainnya,  RHS selaku direktur perusahaan (rekanan), dan Ir. EPS selaku pelaksana kegiatan, menurut  Dapot Manurung, akan menyusul diperiksa.

“Saat ini kedua tersangka ASN yang kita periksa. Sementara keduanya lagi, akan kita periksa setelah pelayangan surat kepada mereka, paling lama tiga hari setelah surat diterima mereka. Kedua tersangka lainnya saat ini tinggal di Medan, dan bukan ASN,” tegas  Dapot.

Sebelumnya, Kejari Karo menetapkan Candra Tarigan, Radius Tarigan, RHS dan Ir. EPS sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi pembangunan Tugu Menjuah Juah Berastagi.

Hasil audit Badan Pemeriksaan Keuangan perwakilan Sumatera Utara ditemukan kerugian negara Rp650 juta.

Pembangunan Tugu Menjuah Juah Berastagi masuk dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Karo 2016, di pos Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Karo, dengan nilai pagu Rp679.573.000. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *