Karo Raih Piagam Peduli HAM, Ini Kata Terkelin Brahmana

oleh -1.683 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana (kanan) bersama Gubernur Sumatera Utara, saat menhadiri Peringatan Hari HAM Sedunia ke-69 di Solo, Minggu 10 Desember 2017.

 

Bupati Karo Terkelin Brahmana (kanan) bersama Gubernur Sumatera Utara, saat menghadiri Peringatan Hari HAM Sedunia ke-69 di Solo, Minggu 10 Desember 2017.

RIENEWS.COM –  Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi isteri Sariati,  menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Hukum, Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menganugerahi Pemkab Karo dengan Piagam Peduli HAM di Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia ke-69 Tahun 2017.

Dikatakan Terkelin, Kemenkumham telah memberikan kepercayaan dan berdasarkan penilaian yang tepat. Sehingga Kabupaten Karo terpilih dari sekian banyak kabupaten/kota di Indonesia, khususnya di wilayah Sumatera Utara.

Kabupaten Karo dinilai wilayah kinerja terbaik dan berprestasi dalam peduli Hak Asasi Manusia.

“Ini semua berkat atas kerja sama semua stakeholder dan masyarakat Karo sendiri yang masih menjunjung kearifan lokal dan budaya Karo. Kini Pemerintah Kabupaten Karo mendapatkan penghargaan Peduli Hak Asasi Manusia yang akan dirangkaikan dengan Hari HAM Sedunia ke -69, di Solo dihadiri oleh Bapak Presiden RI Ir. H. Joko Widodo,” ujar Terkelin di Solo, Minggu 10 Desember 2017.

Disebutkan Terkelin, penilaian kota/kabupaten peduli HAM dilaksanakan berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Permenkumham) yang dikeluarkan oleh Yasonna Hamonangan Laoly, Nomor 34 Tahun 2016 tentang Kriteria Daerah Kabupaten/Kota Peduli HAM.

“Hal ini bisa dilihat kelengkapan regulasi atau kebijakan yang diciptakan di tingkat daerah dalam upaya pemenuhan dan perlindungan hak asasi manusia,” tegasnya.

Terkelin menambahkan, selain terpilih sebagai Kabupaten Peduli HAM, sebelumnya Pemerintah Kabupaten Karo juga menorehkan prestasi sebagai wilayah masuk dari 5  kabupaten/kota seluruh Indonesia sebagai Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) dari Kementerian PMK.

Sekarang untuk sekawasan se- Sumatera Utara, dari 17 kabupaten/kota yang  mendapatkan penghargaan Peduli Hak Asasi Manusia, Kabupaten Karo salah satunya.

Kabupaten/kota lainnya, Kota Binjai, Kota Padang Sidempuan, Kota Pematang Siantar, Kota Gunung Sitoli, Kabupaten Tobasa Samosir, Asahan, Deli Serdang, Labuhan Batu Utara, Mandailing Natal, Padang Lawas, Pakpak Bharat, Labuhan Batu, Langkat, Nias Barat, Nias Selatan, Nias Utara, dan Kabupaten Karo. (BAY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *