Kebakaran Pasar Berastagi, Bupati Karo Siapkan Lokasi Sementara Untuk Pedagang

oleh -62 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana berdialog dengan para pedagang Pasar Tradisional Berastagi, Selasa siang, 17 November 2020. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Bupati Karo Terkelin Brahmana, Selasa siang, 17 November 2020, mendatangi lokasi Pasar Berastagi, yang ludes terbakar. Bupati mengaku terkejut dengan peristiwa kebakaran yang terjadi dan meludeskan 535 kios Pasar Berastagi, di Jalan Penghasilan, Kelurahan Tambak Lau Mulgap II, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Selasa dinihari itu.

Terkelin Brahmana bersama Kepala Bappeda Karo Nasib Sianturi, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Karo Edison Karo-karo,  Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Karo Paksa Tarigan, Kepala Dinas  PUPR Edward Pontianus Sinulingga, Waka Polres Tanah Karo Kompol Hasian Panggabean, Kasdim 0205/Tanah Karo Mayor Inf D. Marpaung, anggota DPRD Karo Pujiati, Herti Delima br Purba dan Jun Arif Bangun, mengungkapkan rasa prihatin dan turut merasakan kesedihan yang dialami para pedagang dan korban kebakaran Pasar Berastagi.

“Kami Pemkab Karo bersama Forkopimda, sungguh terkejut atas kebakaran ini dan turut merasakan apa yang dirasakan para pedagang,” kata Terkelin saat menemui para pedagang di lokasi kejadian.

Dihadapan para pedagang, Bupati Karo menegaskan akan segera mengambil langkah dan kebijakan agar para pedagang segera dapat  berjualan.

“Kami segera mencari jalan keluar agar pedagang dapat berjualan kembali untuk sementara. Opsi pertama, akan kita bangun TPS (tempat penampungan sementara) di badan jalan dekat lokasi terbakar, dan opsi kedua akan kita berdayakan lokasi di Gang Merek, Berastagi, eks Pajak (pasar) Lama,” kata Terkelin.

Baca Berita:

535 Kios di Pasar Berastagi Terbakar, Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran

Ketua KPUD Karo: Melalui Debat Cabup-Cawabup, Pemilik Suara Mantap Tentukan Pilihan

Bupati juga menginstruksikan Dinas Koperindag Karo membangun posko untuk melakukan pendataan dan menampung aspirasi pedagang, sembari menunggu pembangunan kembali Pasar Berastagi.

Para pedagang Pasar Berastagi langsung merespons pernyataan Bupati Karo Terkelin Brahmana. Mereka menyetujui opsi pertama, pembangunan tempat sementara berdagang di lokasi kebakaran, dan meminta Pemkab Karo segera membangunnya.

“Opsi pertama pembangunan tempat sementara di lokasi kebakaran dengan pemanfaatan badan jalan, kami para pedagang setuju. Namun, untuk opsi kedua di Pajak Lama, sementara kami belum sepakat,” ucap perwakilan pedagang.

Anggota DPRD Karo Pujiati, Herti Delima br Purba,  dan Jun Arif  Bangun mendukung langkah cepat yang diambil Bupati Karo Terkelin Brahmana. Mereka juga menyatakan, DPRD Karo sepakat dengan Pemerintah Kabupaten Karo untuk membangun kembali Pasar Berastagi, dan akan membantu pemerintah dalam soal anggaran.

Dalam kesempatan itu, Bupati Karo Terkelin Brahmana menyatakan ihwal penyebab kebakaran Pasar Berastagi masih diselidiki Polres Tanah Karo.

“Polres Tanah karo telah memasang police line dalam rangka melakukan penyelidikan guna mengumpulkan fakta dan data. Sehingga apa penyebab kebakaran dapat diidentifikasi. Untuk itu, mari kita serahkan tugas ini kepada pihak yang berwenang,” pungkas Terkelin. (Rep-01)   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *