Kodam I/BB Gelar Karya Bakti di Desa Terdampak Erupsi Gunung Sinabung

oleh -182 Kali Dibaca
Panglima Kodam I Bukit Barisan, Mayjen TNI MS Fadhilah, Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto, Danlantamal Laksamana Pertama TNI Abdul Rasyid K, Bupati Karo Terkelin Brahmana, Danrem 023/KS Kolonel Inf Tri Saktiyono, Danlanud Soewondo Kolonel Pnb Meka Yudanto, Kepala BPBD Provinsi Sumatera Utara Riadil Akhir Lubis, meletakan batu pertama perbaikan fasilitas umum dan fasilitas soial di Desa Tiga Pancur, Kecamatan Simpang Empat, dalam rangka Karya Bakti Kodam I/BB, Senin 21 Oktober 2019. [Foto Rienews]

RIENEWS.COM – Komando Distrik Militer  I/Bukit Barisan (Kodam I/BB) menggelar Karya Bakti di lima desa yang terdampak erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Karya Bakti Kodam I/BB diawali dengan pelatkan batu pertama oleh Panglima Kodam I Bukit Barisan, Mayjen TNI MS Fadhilah, di Losd Ndokum Siroga, Desa Ndokum Siroga, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo, Senin 21 Oktober 2019.

Karya Bakti Kodam I/BB dilakukan di kawasan lima desa yang terpapar abu vulkanik Gunung Sinabung, di antaranya Desa Jeraya, Tiga Pancur, Pintu Besi, Desa Kuta Tengah, semunya berada di Kecamatan Simpang Empat, dan Desa Kuta Gugung, Kecamatan Naman Teran. Kelima desa, sebelumnya berada di zona merah Gunung Sinabung, pasca-penurunan level Gunung Sinabung menjadi Level III (Awas), warga telah diperbolehkan kembali ke desanya.

Kegiatan Karya Bakti Kodam I/BB dihadiri  Kapolda Sumut  Irjen Pol Agus Andrianto, Danlantamal Laksamana Pertama TNI Abdul Rasyid K, Bupati Karo Terkelin Brahmana, Danrem 023/KS Kolonel Inf Tri Saktiyono, Danlanud Soewondo Kolonel Pnb Meka Yudanto, Kepala BPBD Provinsi Sumatera Utara Riadil Akhir Lubis, Tim Monev BNPB Kolonel Inf Yufti Senjaya, Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal, Kapolres Tanah Karo AKBP Benny Remus Hutajulu.

Mayjen TNI MS Fadhilah mengatakan, program Karya Bakti Kodam I/BB akan merenovasi/membangun jambur, rumah ibadah, sekolah, saluran air, agar masyarakat dapat kembali pulang ke rumahnya.

Baca Berita:

Polisi Bekuk Sindikat Narkoba Asal Mardinding Karo

Jelang Pelantikan Presiden-Wakil Presiden, TNI-Polri di Karo Gelar Patroli

“Semuanya ini kita lakukan secara bersama-sama. Kita lihat masyarakat juga antusias, dan ini tidak akan terlaksana tanpa adanya kerja sama dari kita semua,” kata Fadhilah.

Disebutkannya, pengerjaan akan dilupayakan dengan cepat.

“Banyak anggota, dari TNI ada 110, dari BPBD, polisi juga, Pemda juga. Pokoknya banyaklah di sini yang ikut berpartisipasi dalam pembenahan ini,” ungkap Fadhilah.

Bupati Karo Terkelin Brahmana mengapresiasi kegiatan Karya Bakti Kodam I/BB di Kabupaten Karo.

“Ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kami sampaikan kepada jajaran TNI, Polri, Kementerian /Lembaga Pemerintah Non-Kementrian, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan swasta serta seluruh komponen masyarakat yang turut membantu dan mewujudkan kegiatan Karya Bakti TNI guna pembangunan sarana dan prasarana,” kata Terkelin.

Kepala Desa Tiga Pancur, Sentosa Sitepu menyebutkan, sejak ditinggal banyak fasilitas umum yang rusak akibat dampak Gunung Api Sinabung. Pihaknya berharap pembenahan dapat terselesaikan.

“Seperti sekolah, jambur, saluran air, rumah ibadah, rumah warga juga. Kita sangat berharap pembangunan ini dapat cepat terselesaikan. Meski banyak yang harus diperbaiki. Apa lagi fasilitas umum yang sangat penting,” tuturnya. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *