Lawan Virus Corona, Gugus Tugas Covid-19 Karo Cetak Brosur

oleh -343 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana dan Wakil Bupati Karo Cory Seriwaty Sebayang melakukan telekonferensi dengan para camat menyoal pencegahan virus corona, Kamis 16 April 2020. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Dalam upaya melawan virus corona (Covid-19), Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Karo akan mencetak brosur berisi pencegahan penularan virus corona. Brosur ini nantinya akan dibagikan ke 17 kecamatan di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Sementara itu, hingga Kamis 16 April 2020, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dalam situs covid19.karokab.go.id merilis pasien dalam pengawasan (PDP) bertambah satu orang menjadi 3 orang PDP. Sedangkan kasus positif Covid-19 berjumlah 1 orang, orang dalam pemantauan (ODP) 10 orang, dan orang tanpa gejala (OTG) 7 orang.

Para Camat jangan jenuh dan bosan terus lakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tata cara protokoler kesehatan. Ada 5 hal penting mencegah Covid-19 sudah menjadi baku; pertama, sering cuci tangan pakai sabun; kedua, tetap tinggal rumah; ketiga, jaga jarak hindari kerumunan; keempat, tidak berjabat tangan dan; kelima, pakai masker terutama pada saat keluar rumah,” ujar Terkelin.

Hal ini disampaikan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Karo Bupati Karo Terkelin Brahmana dalam telekonferensi dengan Camat Barusjahe, Camat Lau Baleng dan Camat Mardinding, Kamis 16 April 2020. Telekonferensi diikuti Wakil Bupati Karo Cory Seriwaty Sebayang, Plh Ketua Gugus Tugas Covid-19 Martin Sitepu, Kepala Dinas Kesehatan Irna Safrina, Kepala Dinas PMD Abel Tarawai Tarigan, dan Kepala Dinas Sosial Benyamin Sukatendel.

Baca Berita: 

Camat Tiga Binanga Bagikan Seribu Masker dan APD ke Puskesmas

Pandemi Covid-19, Stok Beras Bulog Kabanjahe Cukup 3 Bulan Ke Depan

Dalam arahannya kepada para camat, Bupati Karo menyerukan kepada para camat untuk mencetak buklet dan brosur pencegahan  Covid-19.

“Selain cara manual dan pemanfaatan sarana media internet. Sekarang tim Gugus Tugas sudah melakukan terobosan baru dengan mencetak buklet dan brosur tentang imbauan dan edukasi mencegah Covid-19,” tegas Terkelin.

Wakil Bupati Karo Cory Seriwaty Sebayang mengingatkan para camat terus melakukan pengawasan protokol pencegahan Covid-19 di masyarakat. Serta memanfaatkan informasi terupdate soal Covid-19 melalui situs Dinas Kominfo Kabupaten Karo.

“Camatlah pe nyambung lidah, informasi tersebut kepada masyarakat di desa. Jangan nanti timbul masalah baru, saling lempar tanggung jawab,” ujarnya.

Pelaksana harian Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Karo Martin Sitepu mengungkapkan sebagaian buklet dan brosur pencegahan Covid-19 telah dicetak .

“Sebagian sudah ada tercetak. Ini bertujuan agar masyarakat tidak buta pedoman protokol kesehtan itu apa saja. Di brosur jelas ditulis tahapan dan tata cara apa saja yang harus masyarakat perhatikan dan ikuti sesuai anjuran pemerintah,” kata Martin.

Disebutkannya, buklet (buku panduan kecil) dan brosur yang dicetak akan dibagikan ke 17 kecamatan di Kabupaten Karo.

“Kedepan jika sudah tercetak sesuai target, maka brosur ini akan dibagikan kesetiap kecamatan. Brosur ini dapat ditempel di tempat  umum, dan instansi pemerintahan,” imbuh Martin. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *