Letusan Gunung Agung Bergemuruh

oleh -1.096 Kali Dibaca
Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali, kembali erupsi pada Jumat 31 Mei 2019, sekitar pukul 11.42 WITA. [Foto PVMB | Rienews]

RIENEWS.COM – Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali, kembali erupsi. Gunung Agung berstatus Siaga (Level III) kembali meletus, pada Jumat 31 Mei 2019, sekitar pukul 11.42 WITA. Letusan Gunung Agung ini sertai suara gemuruh yang terdengar hingga pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Rendang, Desa Rendang, Kecamatan Rendang Kabupaten Karangasem.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebutkan,  erupsi Gunung Agung melontarkan kolom abu dengan ketinggian sekitar 2.000 meter di atas puncak, condong ke arah timur laut dan timur. Ketinggian Gunung Agung sekitar 5.142 meter di atas permukaan laut.

Mengutip dari laman vsi.esdm.go.id, PVMBG, erupsi Gunung Agung berlangsung sekitar 8 menit 4 detik. Letusan mengeluarkan suara gemuruh.

Baca Berita:

Gempa 5,1 SR di Laut Flores Tidak Berpotensi Tsunami

BNPB-PBB Tandatangani Kerja Sama Pengelolaan Risiko Bencana

Masyarakat di sekitar Gunung Agung, pendaki, pengunjung, dan wisatawan dihimbau agar tidak  melakukan aktivitas apapun di Zona Perkiraan Bahaya yaitu di seluruh area di dalam radius 4 km dari Kawah Puncak Gunung Agung.

Zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling actual, terbaru

Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung diminta agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak. Area landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung. (Rep-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *