Nias Selatan Diguncang Gempa 5,8 SR

oleh -1.045 Kali Dibaca
Pusat gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,8 di Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara, Minggu 2 Juni 2019. [Foto BMKG | Rienews]

RIENEWS.COM – Gempa bumi berkekuatan  magnitudo 5,8 mengguncang wilayah Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara, pada Minggu 2 Juni 2019, sekitar pukul 10.03 WIB. Getaran gempa dirasakan hingga Provinsi Sumatera Barat. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menegaskan gempa tidak berpotensi tsunami.

Informasi yang diperoleh Redaksi dari laman Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), vsi.esdm.go.id, menjelaskan berdasarkan informasi BMKG, pusat gempa bumi berada di laut. Terletak pada koordinat 98,39° BT dan 0,56° LU, dengan magnitudo M5,8 pada kedalaman 42 km, berjarak 64 km tenggara Nias selatan.

Wilayah yang berdekatan dengan pusat gempa bumi adalah wilayah Pulau Nias, Kepulauan Batu, dan pesisir barat Sumatera Utara.

Baca Berita:

Konferensi Universitas Asia-Pasifik Bahas Penggunaan Kecerdasan Buatan

Letusan Gunung Agung Bergemuruh

Kepulauan Barat Sumatera dan Pulau Nias pada umumnya disusun oleh batuan tua atau berumur Pra-Tersier hingga Tersier. Wilayah pesisir barat Sumatera Utara pada umumnya disusun oleh batuan sedimen berumur Kuarter. Batuan berumur Kuarter serta batuan berumur Tersier yang telah mengalami pelapukan bersifat urai, lepas, belum kompak sehingga bersifat memperkuat efek guncangan gempa bumi.

Berdasarkan lokasi pusat gempa bumi dan kedalamannya, gempa bumi berasosiasi dengan aktivitas penunjaman Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

Gempa bumi ini di rasakan pada skala II-III MMI di Nias Selatan, II-III skala MMI di Gunung Sitoli, II skala MMI di Padang Panjang, Bukit Tinggi, dan Pasaman Barat.

Gempa bumi ini tidak menyebabkan tsunami, meskipun berpusat di laut namun energinya tidak cukup kuat untuk menyebabkan deformasi di bawah laut. Hingga tanggapan ini dibuat, belum ada informasi kerusakan yang diakibatkan gempa bumi ini. (Rep-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *