Pembangunan Museum Komponis Djaga Depari Butuh Dermawan

oleh -483 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana dan pejabat Pemkab Karo didampingi anak almarhum komponis Nasional Djaga Depari, Agustina br Depari, saat meninjau lokasi pembangunan Museum Komponis Nasional Djaga Depari di Lau Kemit, Desa Seberaya, Kecamatan Tiga Panah, Senin 2 September 2019. [Foto Rienews]

RIENEWS.COM –  Pembangunan Museum Komponis Nasional Djaga Sembiring Depari terkendala dana. Pihak keluarga yang menginisiasi pembangunan Museum Djaga Depari kini membutuhkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Daerah Karo, Sumatera Utara, dan para dermawan, untuk menyelesaikan Museum Komponis Djaga Depari.

Hal ini disampaikan putri almarhum Djaga Depari, Agustina br Depari langsung kepada Bupati Karo Terkelin Brahmana saat meninjau progres pembangunan Museum Djaga Depari.

Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama Kepala Bappeda Nasib Sianturi, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Robert Perangin-angin, Kepala Dinas  Pendidikan Eddi Surianta Surbakti, Plt PUPR Paksa Tarigan, Plt Kepala Dinas Pariwisata Kasman Sembiring, Kabid Pertamanan Baron Kaban, Kabid Bappeda Efan, Sekretaris Dinas Sosial Joses Bangun, dan Camat Tiga Panah, Data Martin br Ginting,meninjau pembangunan Museum Komponis Djaga Depari, sedang dalam tahap pembangunan di daerah Lau Kemit, Desa Seberaya, Kecamatan Tiga Panah, Senin 2 September 2019.

Kedatangan Bupati Karo dan pejabat Pemkab Karo, disambut anak almarhum Djaga Depari, Agustina br Depari dan Ngapuli Depari, bersama Sekretaris Umum Pembangunan Museum Djaga Depari, Menno Depari, dan Kades Seberaya Panca Ginting.

Simak Berita Museum Komponis Djaga Depari Akan Dibangun di Lau Kemit

Agustina menuturkan, tahap pembangunan yang sudah dikerjakan dengan dana dari keluarga. Namun, dana tersebut belum cukup untuk menyelesaikan pembangunan Museum Komponis  Djaga Depari.

Menurut dia, pihak keluarga telah menghabiskan anggaran Rp100 juta untuk tahap pembangunan museum.

“Kami keturunan keluarga Djaga Depari sudah menyumbangkan dana sebesar Rp100 juta. Tapi dana ini tidak cukup, sehingga kami butuh bantuan dari pemerintah dan para  donatur, mewujudkan agar selesai pembangunan museum,” ujar Agustina.

Atas kehadiran Bupati Karo Terkelin Brahmana, Agustina berharap ada jalan keluar untuk penyelesaian pembangunan Museum Djaga Depari.

Baca Berita:

Pemkab Karo Setop Penarikan Retribusi ke Wisata Air Panas-Gunung Sibayak

Ketua BPH STIKesMu Lhokseumawe Buka ODDI TA 2019/2020

“Kami berharap atas kedatangan Bupati ini dapat menuai jalan keluar. Sebab saat ini pembangunan museum, kami akui bersama panitia terkendala dan terbentur dana,” katanya.

Sementara itu, Menno Depari menjelaskan taksasi anggaran yang dibutuhkan untuk penyelesaian pembangunan Museum Djaga Depari sekitar Rp700 juta.

Anggaran yang dibutuhkan, sesuai taksasi pembuatan gedung, lanscape dan cetak buku kena-kenangan sebesar Rp699.940.000. Untuk itu, bagi yang berminat membantu dengan sukarela bisa mengirim ke rekening panitia atas nama  Agsutina Depari BRI  1440-1027-6895-02,” tutur Menno.

Disebutkannya, untuk mengumpulkan anggaran yang dibutuhkan, panitia pembangunan Museum Djaga Depari akan menggelar konser musik karya almarhum Djaga Depari.

“Rencana ke depan, kami pihak panitia mencari dan mengumpulkan dana dengan cara mengadakan konser musik lagu-lagu komponis Djaga Depari pada November 2019 di Balai Zeqita,” kata Menno.

Merespons hal itu, Bupati Karo Terkelin Brahmana menegaskan pemerintah tetap komitmen membantu pembangunan Museum Djaga Depari.

“Kita, pemerintah tetap akan komit membantu, sepanjang ada kewenangan dan pintu masuk Pemda karo. Karena itulah, saya membawa para OPD terkait. Apa yang dapat kita fasilitasi akan segera kita berikan. Misal, masalah  lampu penerangan, Kabid Pertamanan akan pasang di empat titik. Begitu juga jembatan Lau Kemit ini, akan kita perbaiki secepatnya oleh Dinas PUPR,” kata Terkelin.

Bupati menegaskan akan menghadiri konsel yang akan digelar panitia.

“Pemda Karo akan datang malam pengumpulan dana yang akan digelar bulan November 2019, di Balai Zeqita. Melalui konser musik ya, kita akan hadir dan berikan sumbangan nantinya,” pungkas Terkelin. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *