Pemkab Karo Imbau ASN Tetap di Rumah Libur Nasional

oleh -75 Kali Dibaca
Sekda Kabupaten Karo Kamperas Terkelin Brahmana. [Foto Ist | Rienews]

 RIENEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Karo mengimbau  ASN tetap di rumah saat libur nasional. Sekretaris Daerah Kabupaten Karo Kamperas Terkelin Purba menyatakan, sesuai dengan Surat Edaran (SE) Menteri PAN-RB Nomor 06/2021 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian ke Luar Daerah bagi ASN selama Hari Isra Miraj dan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1943 dalam Masa Pandemi Covid-19.

“Saya menyampaikan imbauan dan ajakan kepada ASN, agar libur  di rumah saja karena situasi kondisi saat ini masih dalam  pandemi,” kata Sekda Karo Kamperas Terkelin Purba, Rabu 10 Maret 2021.

Imbauan tetap di rumah saja, kata Kamperas, karena pandemi Covid-19 di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, agar tidak melonjak. Saat ini, pandemi Covid-19 di Karo sudah melandai.

“Oleh karenanya diperlukan upaya-upaya ekstra agar kasus tidak kembali melonjak. Satu di antaranya tidak ke luar kota atau berpergian keluar rumah saat libur,” tegas Kamperas.

Baca Juga:

Bupati Karo Apresiasi Program Universitas Harapan Medan

Wabup Karo Cory Sebayang Terima Kunker Wabup Nias Arosokhi Waruwu

Sekda menyatakan telah menyurati instansi Pemkab Karo agar melaksanakan peringatan Isra Mi’raj secara daring sehingga tidak menimbulkan kerumunan.

“Kita sudah menyurati seluruh SKPD dan diharapkan ini dipatuhi, jika tidak, kita akan beri sanksi,” ujarnya.

Ditegaskannya,  ASN dan keluarga dilarang melakukan kegiatan bepergian ke luar daerah sejak 10 Maret sampai 14 Maret 2021.

“Dalam rangka mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19 yang berpotensi meningkat dikarenakan perjalanan orang, perlu dilakukan pembatasan kegiatan bepergian ke luar daerah bagi ASN selama Hari Isra Miraj dan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1943 dalam masa pandemi Covid-19,” imbuhnya.

Bagi ASN yang melanggar ketentuan dalam SE itu akan mendapat sanksi disiplin sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS dan PP Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Kamperas menegaskan, berdasarkan  Surat Edaran Tiga Menteri Nomor 281,01,dan 01 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama, libur hanya berlangsung selama satu hari pada kamis 11  Maret 2021,  dan kembali bekerja pada Jumat 12 Maret 2021.

“Kita juga sudah sampaikan kepada SKPD terkait libur yang hanya pada hari Kamis, dan Jumat kembali berkerja seperti biasanya. Agar imbauan ini juga turut dipatuhi,” pungkas Kamperas. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *