Pemkab Karo Terima Fasos dan Fasum Huntap Tahap I dan II

oleh -274 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama Direktur Pemulihan dan Peningkatan Fisik BNPB Ali Bernandus, melakukan serah terima fasum dan fasos Huntap tahap I dan Huntap tahap II. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Karo, Sumatera Utara, menerima fasilitas sosial dan fasilitas umum hunian tetap (Huntap) tahap I dan tahap II, serta persiapan serah terima Huntap tahap III di Desa Siosar.

Serah terima ini dilakukan Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Wakil Bupati Karo Cory Seriwaty Sebayang saat menerima kunjungan Deputi II Bidang Pembangunan Manusia  Kantor Staf Kepresidenan Abetnego Panca Putra Tarigan, Direktur Pemulihan dan Peningkatan Fisik BNPB Ali Bernandus, Kalak BPBD Provinsi Sumatera Utara  Riadil Akhir Lubis dan rombongan, di aula Kantor Bupati Karo, Selasa 28 Juli 2020.

Adapun fasilitas umum (Fasum) dan fasilitas sosial (Fasos) yang diserahterimakan,  masjid, gereja dan jambur.

Di kesempatan itu, Deputi II Bidang Pembangunan Manusia  Kantor Staf Kepresidenan Abetnego Panca Putra Tarigan menekankan beberapa hal kepada Bupati Karo antara lain,  terkait dengan zona merah.

Baca Berita:

Pembangunan Huntap Tahap III Selesai Dikerjakan, Diserahkan Hari Selasa 28 Juli 2020

Sekda Karo Akui Saksikan Kejaksaan Geledah Kantor BPKPAD

“Ini nanti, harus bisa diselesaikan dengan kementerian terkait. Karena jangan sampai ada perbedaan pandangan mendasar antara masyarakat dengan pemerintah, baik pusat, provinsi maupun pemerintah daerah. Karena relokasi ini memang artinya penggantian dan di mana di dalam hukumnya, wilayah-wilayah zona merah itu adalah wilayah yang dilindungi, kawasan di konservasi. Jangan nanti ada pikiran kalau sudah sepuluh tahun, teman-teman dari Gunung Sinabung ini bisa masuk kembali lagi. Sehingga status pemahaman masyarakat yang tinggal di sana menjadi sangat pentig. Jangan di kemudian hari ada lagi sengketa-sengketa baru terkait dengan wilayah-wilayah zona merah, yang relatif sudah aman beberapa tahun ke depan,” tegas Abetnego.

Bupati Karo Terkelin Brahmana mengapresiasi kepada semua pihak-pihak yang terlibat dan bekerja keras, dalam penanganan korban erupsi Gunung Sinabung.

“Yang tidak henti-hentinya membantu Pemerintah Kabupaten karo menyelesaikan relokasi para pengungsi beserta permasalahan-permasalahan yang kompleks lainya,” kata Terkelin.

Selain itu, Terkelin Brahmana berpesan kepada masyarakat penerima manfaat agar semua fasilitas yang diterima dapat dipelihara dan dipergunakan sebaik-baiknya.

“Karena itu merupakan hak milik saudara-saudara semua. Rawatlah dengan sepenuh hati, sehingga dapat bermanfaat dan membawa berkat bagi kita semua,” ujarnya.

Acara serah terima ini turut dihadiri Asisten Deputi Penanganan Pascabencana Kemenko PMK Nelwan Harahap, Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal Batubara, Kapolres Tanah AKBP Yustinus Setyo Indriono, Kalak BPBD Karo Martin Sitepu. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *