Pengunjung Festival Bunga-Buah Kecewa

oleh -1.709 Kali Dibaca
Suasana Festival Bunga-Buah di Taman Mejuah-Juah Berastagi. [Foto Rienews]

RIENEWS.COM – Pengunjung Festival Bunga-Buah di Taman Mejuah-Juah Berastagi, mengaku kecewa. Festival yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Karo sejak Jumat 5 Juli 2019 hingga Minggu 7 Juli 2019, dengan anggaran Rp600 juta, di luar ekspektasi pengunjung.

“Kupikir namanya Festival Bunga dan Buah, itu dipenuhi dengan pedagang yang berjualan bunga dan buah di stand festival. Ini sama sekali hanya berapa stan yang menjual bunga di dalam area Taman Mejuah-Juah Berastagi. Tidak seperti harapan,” ungkap seorang pengunjung dari Kota Tebing Tinggi, Riza.

Riza yang berkunjung ke festival bersama keluarganya, mengkritik isi stan festival dominan menyajikan promosi dari hotel, BUMN, UKM, dan  sajian makanan dan minuman, serta aksesoris dan baju. Dia menganggap Festival Bunga-Buah seperti Pekan Raya Sumatera Utara, yang juga digelar setiap tahunnya.

“Nama dan isinya sangat tidak nyambung. Tetapi tidak bisa kita sesali, namun ini pelajaran bagi kami. Jika lain waktu kami mengetahui ada pesta tahunan rakyat, bunga dan buah, kami tidak terkejut lagi. Dan menimbangkan untuk datang, agar tidak menelan rasa kecewa,” tutur Riza, Minggu 7 Juli 2019.

Baca Berita:

Sutopo Pahlawan Kemanusiaan Berpulang

Buka Festival Bunga-Buah, Gubsu Terkenang Masa Kecil

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Karo selaku penyelenggara festival menyewakan stan di dalam lokasi festival seharga Rp3 juta. Nilai sewa itu dianggap mahal, karena festival diselenggarakan dalam waktu tiga hari.

Selain itu, untuk menyemarakan festival, pihak Pemkab Karo meminta pihak swasta seperti perhotelan mengikuti karnaval dalam pembukaan festival yang dilakukan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Jumat 5 Juli 2019, kemarin. Pihak swasta juga diminta untuk memberikan bantuan berupa pengadaan bunga.

Sekretaris panitia kegiatan, Bartholomeus Barus mengatakan, pihaknya telah berupaya untuk mensukseskan acara pesta rakyat tersebut.

Perihal kekurangan yang dilakukan oleh pihak ketiga, akan menjadi bahan masukan, dan kajian untuk kesuksesan Festival  Bunga dan Buah pada tahun mendatang. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *