Perjuangkan Bangun Jalan Karo-Deli Serdang, Kedua Bupati Teken Kesepakatan

oleh -133 Kali Dibaca
Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan dan Bupati Karo Terkelin Brahmana menunjukkan surat kesepakatan yang ditandatangani bersama untuk pembangunan jalan penghubung kedua wilayah tersebut. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Merealisasikan akses jalan penghubungKabupaten Karo-Kabupaten Deli Serdang, kedua bupati di wilayah tersebut menandatangani kesepakatan bersama. Kesepakatan yang ditandatangani Bupati Karo Terkelin Brahman-Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan, Senin 25 Januari 2021, ini menjadi komitmen nyata dari kedua kabupaten tersebut untuk merealisasikan pembangunan akses jalan dari Desa Serdang, Kecamatan Barus Jahe, Kabupaten Karo, dengan  Desa Serdang dan Desa Rumah Liang, Kecamatan STM Hilir di Kabupaten Deli Serdang.

Penandatanganan kesepakatan pembangunan akses jalan tersebut dilakukan di Kantor Bupati Deli Serdang, dihadiri pimpinan OPD Pemkab Deli Serdang.

“Perjumpaan ini merupakan latar belakang saya dan Bupati Karo sebagai sahabat. Untuk itu saya sangat menghargai  Bupati Karo, luar biasa diakhir sisa masa jabatan, dia masih mau bekerja keras memprioritaskan  untuk kepentingan masyarakatnya. Jarang seperti ini, apalagi bagi kepala daerah ketika sudah mau “susun barang” pasti banyak kebijakan tidak diakomodir lagi karena fokus susun barang,” kata Ashari.

Dikatakannya, kesepakatan kedua kabupaten merupakan hal wajar, mengingat histori.

Baca Berita:

Banjir di Kota Manado, 3 Orang Meninggal Dunia, 8 Kecamatan Tergenang Air

Cory Sriwaty Harapkan Pers Tetap Solid

“Wajar kedua kabupaten (ini) harus bersinerg. Sebab historis, masyarakat  Kabupaten Deli Serdang etnis suku Karo, baru disusul suku Melayu dan Simalungun.  Dengan kesepakatan ini, menjadi perekat hubungan yang istimewa, mendekatkan lagi antara dua kabupaten dalam  pembukaan dan peningkatan jalan penghubung Kabupaten Deli Serdang dengan Kabupaten Karo,” imbuh Ashari.

Bupati Karo Terkelin Brahmana menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan hangat Bupati Deli Serdang.

“Sehingga pertemuan ini sangat bermanfaat dan tercapai kesepkatan antara Pemkab Karo dengan Pemkab Deli Serdang. Ini komitmen kedua kepala daerah dalam mewujudkan prioritas  jalan Desa Barus Jahe (Karo) menuju Desa Rumah Liang (Deli Serdang),” kata Terkelin.

Dituturkannya, jalan yang menghubungkan kedua desa tersebut sudah ada.

Baca : Pemkab Karo-Deli Serdang Solid Perjuangkan IPPKH Pembangunan Akses Jalan

“Zaman nenek moyang suku Karo  (jalan itu) sudah ada. Dulu disebut jalan setapak “pelanja sira”. Jadi, dulu sebelum ada peraturan negara, masyarakat Karo yang domisili di Desa Barus Jahe dengan Desa Rumah Liang, sudah  melewati jalan tersebut untuk keperluan perdagangan hasil pertanian ke pekan (pasar). Jika kita bersatu dan kompak, tidak ada alasan pemerintah pusat tidak berikan izin pinjam pakai kawasan hutan (IPPKH). Ini harus kita gongkan,” tegasnya.

Pemkab Karo sudah membuka akses jalan Desa Barus Jahe dalam dua tahap. Pembukaan dan pembangunan jalan tersebut terhenti disebabkan perizinan karena melalui kawasan hutan.

Sekda Deli Serdang Darwin Zein menyatakan, surat kesepakatan yang ditandangani Bupati Deli Serdang dan Bupati Karo akan dikirim kepada Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

“Surat ini menegaskan bahwa kesepakatan antara Kabupaten  Deli Serdang dan Kabupaten Karo sudah tercapai. Hal ini kita harapkan  pihak Pemprovsu segera memproses surat ini guna dapat  diteruskan  kepada Menteri LHK dalam rangka pinjam pakai kawasan hutan. Ini regulasi sistem birokrasi, harus melalui pihak Pemprovsu, tidak serta merta langsung ke pihak Kemenhut,” pungkasnya. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *