PMI Karo Diminta Turut Andil Penanggulangan Bencana

oleh -145 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana menerima Ketua PMI Karo Farida Ariani Pelawi bersama pengurus PMI Karo periode 2020-2025, di ruang kerja Bupati Karo, Kamis 28 Januari 2021. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Bupati Karo Terkelin Brahmana meminta Palang Merah Indonesia (PMI) Karo turut berkolaborasi dengan stakeholders terkait dalam penanggulangan bencana di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Menilik topografi Kabupaten Karo yang potensi rawan bencana, diperlukan sikap kesiagaan dalam mitigasi dan penanggulangan kejadian bencana.

“Tugas PMI sangat berat dikaitkan dengan kondisi Kabupaten Karo yang rawan bencana, seperti erupsi Gunung Sinabung, tanah longsor, puting beliung, kebakaran dan gempa. Perlu kesiapsiagaan kita semua dalam menghadapi bencana termasuk PMI. Kolaborasi PMI Karo dengan stakeholders yang bertanggung jawab dalam penanggulangan bencana. PMI Karo harus bisa hadir dalam berbagai kesempatan,” tegas Terkelin.

Hal tersebut dikemukakan Terkelin Brahmana saat menerima Ketua PMI Karo Farida Ariani Pelawi bersama pengurus PMI Karo periode 2020-2025, di ruang kerja Bupati Karo, Kamis 28 Januari 2021.

Dikatakannya, dalam penanggulangan bencana perlu partisipasi dan keterlibatan masyarakat dan organisasi termasuk PMI dan relawan.

Baca Berita:

Hari Ini Gunung Merapi Alami 36 Kali Erupsi, BPPTKG Sebut Fase Erupsi Efusif

Bupati Karo Apresiasi Tawaran Kerja Sama Rektor UNEFA

Dalam kesempatan itu, Bupati Karo Terkelin Brahmana menegaskan mendukung PMI Karo.

“Tidak ada alasan Pemkab Karo tidak mendukung penuh setiap program dan kegiatan PMI Karo. Ini perlu diketahui setiap orang bahwa Palang Merah Indonesia merupakan  organisasi yang sah dan sudah menunjukkan eksestensinya membantu pemerintah mulai tingkat pusat hingga daerah. Untuk itu, jangan pernah takut mengemban amanah yang dipercayakan. Semua pasti ada kekurangan, namun ada niat dan kemauan belajar dari apa yang kita lalui sehingga akan menghasilkan keberhasilan,” tutur Terkelin.

Ketua PMI Karo Farida Ariani Pelawi mengungkapkan terima kasih atas komitmen Bupati Karo mendukung PMI Karo.

“Saya kagum dengan sikap Bapak Bupati, tidak pernah membeda-bedakan, selalu memberi support. PMI Karo diarahkan membuat program kerangka acuan kegiatan agar dianggarkan di APDB Karo dengan  berkoloborasi dengan dinas (SKPD) Terkait sepanjang ada tupoksi PMI,” tuturnya.

Farida membeberkan ada tiga program utama PMI Karo; pertama; membantu pemerintah dalam penanggulangan bencana, kedua; menghimpun dan memproses darah, ketiga;  melakukan sosialisasi terkait kesehatan dan sosial lainnya.

“PMI Karo siap membantu dan  bekerjasama dengan BPBD yang menangani bencana dan instansi terkait lainnya. Hal itu guna membangun kemitraan dalam rangka bersama-sama membantu penanggulangan bencana di daerah,” pungkasnya. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *