Polisi “Dor” 7 Tersangka Curanmor di Karo

oleh -1.396 Kali Dibaca
Satuan Reskrim Polres Tanah Karo menggelar konferensi pers keberhasilan mengungkap empat kasus pencurian kendaraan bermotor, Senin 1 April 2019, di Mapolres Tanah Karo. [Foto Rienews]

RIENEWS.COM – Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Tanah Karo berhasil menangkap komplotan pencuri kendaraan bermotor (Curanmor) yang beraksi di wilayah hukum Polres Tanah Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Tersangka diketahui mantan warga binaan (residivis) dalam kasus serupa, curanmor. Dalam pengungkapan kasus curanmor tersebut, terdapat seorang tersangka masih di bawah umur.

Mewakili Kapolres Tanah Karo, Kasat Reskrim AKP Ras Maju dalam konferensi pers, menyatakan, para tersangka ditangkap dalam pengusutan empat kasus curanmor yang dilakukan Satreskrim Polres Tanah Karo selama bulan Maret 2019.

Hasil penyidikan, polisi menangkap delapan tersangka, dua di antaranya berperan sebagai penadah. Dalam pengusutan empat kasus curanmor itu, tujuh tersangka ditembak di bagian kaki.

AKP Ras Maju menyatakan, pihaknya masih terus menelusuri jaringan para tersangka yang membuat warga Karo resah.

Baca Berita:

Bupati Karo Imbau Warga-ASN Taat Laporkan SPT Tahunan

Presiden Saksikan Kesepakatan Pascabanjir Bandang Jayapura

“Sekarang mereka masih belum mau terbuka, mudah-mudahan kami bisa mengungkap jaringan lainnya. Mereka ini sudah residivis dengan kasus yang sama,” kata AKP Ras Maju, di Mapolres Tanah Karo, Senin 1 April 2019.

Kedelapan tersangka yang ditangkap, Ismail Karo-Karo (50 tahun) warga Tuntungan Medan, Joni Boy Sastra Purba (32 tahun) warga Sedap Malam Medan. Keduanya ditangkap dalam kasus curanmor dengan nomor laporan pengaduan, LP/137/III/2019/SU/RES T.Karo 2 Maret 2018.

Pasta Ginting (18 tahun) dan adiknya BG (15 tahun), warga Kecamatan Tiga Panah, serta tersangka Reza Andi Pranata Ginting (18 tahun) warga Desa Regaji, Kecamatan Merek, ditetapkan sebagai tersangka dalam pengusutan kasus dengan LP/169/III/2019/SU/RES T. Karo 15 Maret 2019.

Tersangka Erik Sabani Sinaga (20 tahun) warga Gundaling, Kecamatan Berastagi, Karo, ditangkap perkara LP173/III/2019/SU/RES. T. Karo. 16 Maret 2019. Tersangka Desmon Roy Surbakti (31 tahun) dan Roi Ilmar Girsang dibekuk polisi atas dasar LP/176/III/2019/SU/RES T. Karo 18 Maret 2019.

“Tujuh orang tersangka telah dilakukan tindakan tegas terukur (tembak),” ujar Ras Maju.

Kasat Reskrim Polres Tanah Karo mengimbau kepada warga untuk meningkatkan kewaspadaan, karena kendaraan bermotor yang menjadi sasaran aksi curanmor, kendaraan bermotor yang parkir di depan rumah dan tempat sepi.

Polres  Tanah menyarankan kepada warga yang kehilangan kendaraan bermotor, roda dua dan roda empat segera melaporkannya.

“Bagi yang merasa kehilangan kendaraan roda dua atau empat segera melapor ke pihak kami,” kata Ras Maju.

Kedelapan tersangka yang kini mendekam di sel tahanan Polres Tanah Karo, dijerat dengan Pasal 363 Subs 362 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. (Rep-01)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *