Protes BLT-DD, Warga Sukababo Cegat Bupati Karo

oleh -280 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana saat mendengarkan protes warga Desa Sukababo soal bantuan langsung tunai-Dana Desa (BLT-DD) di masa pandemi Covid-19. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Warga dari Desa Sukababo, Kecamatan Juhar, Kabupaten Karo, mencegat Bupati Karo Terkelin Brahmana di halaman Kantor Camat Kabanjahe. Aksi ini dilakukan warga setelah mendatangi Gedung DPRD Karo. Warga memprotes penyaluran bantuan langsung tunai-Dana Desa (BLT-DD) di desa mereka.

Kepada Bupati Karo Terkelin Brahmana, juru bicara warga yang juga Ketua BPD Desa Sukababo, Heripin Sembiring mengungkapkan, bahwa penyaluran BLT-DD di desa mereka tidak merata.

“Yang memperoleh BLT-DD hanya tercatat empat kepala keluarga sebagai penerima manfaat. Bayangkan Pak Bupati, kami juga warga yang butuh makan dan sama seperti mereka. Artinya dia petani , kami juga semua petani,” kata Heripin, Rabu 1 Juli 2020.

Baca Berita: 

Pemkab Karo – Polmed Tingkatkan Kerja sama

Catatan Sejarah Baru, Pemkab Karo Raih WTP LKPD 2019

Menerima aduan warga tersebut, Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Abel Tarawai Tarigan, langsung mengkonfirmasi kepada Camat Juhar Jumpana Pinem.

Usai mengkonfirmasi Camat Juhar, Terkelin Brahmana menyarankan warga agar mengikuti pertemuan di Jambur Desa Sukababo, direncanakan digelar esok hari.

Namun demikian, saya akan segera cek kebenaran laporan  cerita tersebut sembari Bupati menghubungi Camat Juhar Jumpana Pinem. Setelah berkomunikasi, Terkelin menyarankan, agar besok silahkan berembuk kembali di jambur di Desa dan akan dimediasi langsung  oleh Camat Juhar.

“Untuk itu, bibik dan nande sabar saja dulu. Yang penting ikuti dulu besok rapat. Apabila belum ada solusi, saya persilahkan warga datang lagi menemui saya,” katanya.

Kepada warga, Terkelin mengingatkan pentingnya mengedapan musyawarah dan mengedepankan kearifan lokal.

“Dalam setiap permasalahan, dirembukkan kemudian diputuskan ,sehingga tidak ada yang dirugikan, dan hasilnya tepat sasaran, tepat manfaat, tirulah seperti zaman dulu,” ujar Bupati Karo.

Heripin Sembiring bersama warga, sebelumnya mendatangi gedung DPRD Karo. Di sana warga menyampaikan aspirasi mereka terkait penyaluran BLT-DD di desa mereka, di masa pandemi Covid-19.

Usai menyampaikan aspirasinya, warga  berkumpul di Taman kota Kabanjahe, tak jauh dari Gedung DPRD Karo. Menjelang pukul 17.30 WIB, warga melihat keberadaan Bupati Karo Terkelin Brahmana, langsung menemui Terkelin, guna menyampaikan protes mereka soal BLT-DD.

Camat Juhar Jumpana Pinem membenarkan akan dilakukan pertemuan menyoal BLT-DD di Desa Sukababo.

“Iya, besok digelar rapat pertemuan kembali di Jambur, dan saya pasti akan hadir untuk  memediasi kembali dengan melibatkan Forkopimca nantinya,” ujar Jumpana kepada wartawan melalui pesan dari aplikasi WhatsApp. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *