Ribuan Bunga Tasbih Ditanam di Kabanjahe

oleh -1.349 Kali Dibaca
Penanaman perdana bunga tasbih oleh Ketua TP PKK Karo Sariati Terkelin Brahmana bersama Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Liasma Br. Ginting, Kabid Pertamanan Baron Kaban, dan Ketua DPD PMS Karo Beres Brahmana di pulau jalan Kabanjahe, Jumat, 28 Juni 2019.. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Sebanyak 2.500 tanaman bunga tasbih ditanam untuk memperindah sepanjang pulau-pulau jalan Kabanjahe – Simpang Ujung Aji, khususnya di jalan yang baru diperlebar. Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Karo, Sariati Terkelin Brahmana memprakarsainya dengan memulai penanaman perdana, Jumat, 28 Juni 2019.

“Bermodalkan murah meriah dan gampang pengurusannya,” kata Sariati.

Sariati mengisahkan, pemilihan bunga tasbih yang juga dikenal dengan sebutan bunga canna ini terinspirasi dari penanaman bunga tersebut di sepanjang jalan menuju Bandar Udara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten. Ketika bepergian dan melewatinya, Sariati suka melihatnya. Bunga-bunga tasbih yang ditanam di sana tumbuh dan berbunga besar dengan aneka warna. Ada merah, merah muda, juga kuning yang tersusun dalam bentuk tandan.

“Keindahan bunga tasbih menarik perhatian pemulia tanaman (breeder) untuk menyilangkannya. Sehingga mendapatkan banyak kultivar atau hibrida eksotik,” kata Sariati.

Baca Berita:

Petani Karo Diajak Naik Kelas Menjadi Eksportir

Peringati HANI, Kepala BNN Karo: Ini Adalah Wujud Keprihatinan Dunia

Pemilihan dan penanaman ribuan bunga tasbih itu sekaligus untuk mempersiapkan penyambutan acara Festival Bunga dan Buah pada 5-7 Juli 2019 mendatang. Dan TP PKK Karo memerankan fungsinya dalam mendukung program pemerintah daerah sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden Nomer 99 Tahun 2017.

Kegiatan tersebut melibatkan unsur pemerintah dan organisasi kemasyarakatan, antara lain Pelaksana Tugas Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Liasma Br Ginting, Kabid Dinas Pertamanan Baron Kaban, dan Ketua DPD Pemuda Merga Silima (PMS) Karo Beres Brahmana.

Baron Kaban mengapresiasi kepedulian TP PKK Karo yang mau turut andil dan sumbangsih pemikiran dan kreatifitas untuk menata Kota Kabanjahe dengan melalui penanaman bunga tasbih. Sejak awal telah koordinasi sehingga

Iya, kita sudah dari awal kordinasi dengan ketua TP PKK kab karo untuk rencana penanaman bunga tasbih, sehingga pihak Dinas Pertamanan menyiapkan 2.500 tanaman bunga tasbih. Bunga tasbih ditanam sepanjang jalan sejauh 600 meter – 700 meter.

“Sekaligus untuk menunjang rencana festival bunga dan buah yang akan diselenggarakan. Tinggal hitung hari lagi,” kata Baron.

Liasma Br Ginting menambahkan, setelah bunga-bunga itu ditanam, pihak LHK akan melakukan pembersihan rumput dan sampah sekitar area penanaman.

“Setiap hari akan kami kontrol,” ucap Liasma.

Sementara Bupati Karo Terkelin Brahmana berpesan kepada masyarakat untuk turut serta menjaga dan melestarikan bunga-bunga yang telah ditanam itu.

“Setelah ditanam, jangan dibiarkan begitu saja. Pemda tak sanggup tanpa bantuan masyarakat juga,” kata Terkelin.

Dia juga berharap, kegiatan menanam bunga tersebut bisa menjadi contoh dan diteruskan di tempat lain. Tidak hanya di Kabanjahe, tetapi merata di tempat lainnya yang bisa ditanami bunga.

“Agar Karo menjadi kota wisata bunga yang indah dan menarik orang-orang yang melintasi setiap jalan yang ditumbuhi warna warni bunga tasbih,” kata Terkelin. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *