Satu Orang Warga Kabupaten Karo Dinyatakan Positif Corona

oleh -294 Kali Dibaca
Dinas Kesehatan Kabupaten Karo saat menemui keluarga pasien positif Covid-19, Rabu 8 April 2020. [Foto Rienews]

RIENEWS.COM – Seorang warga Kabupaten Karo, Sumatera Utara, dinyatakan positif virus corona (Covid-19). Hingga saat ini, pasien berjenis kelamin perempuan itu kini menjalani perawatan di salah satu rumah sakit swasta di Kota Medan.

Kepala Dinas Kesehatan Karo Irna Safrian Meliala membenarkan adanya pasien positif Covid-19 asal Kabupaten Karo.

“Memang benar ada seorang wanita warga asal Berastagi yang dinyatakan positif. Saat ini sedang dalam penanganan rumah sakit di Medan,” ujar Irna, Rabu 8 April 2020.

Irna menjelaskan, pasien tersebut memiliki riwayat perjalanan ke Kota Surabaya, Jawa Timur. Sepulang dari Kota Surabaya, sebut Irna, pasien mengisolasi mandiri dan mengalami gelaja, yang selanjutnya dibawa oleh keluarga ke rumah sakit di Kota Medan.

“Sebelumnya, pasien ini melakukan perjalanan ke Surabaya. Sesudah pulang ke Berastagi, dirinya melakukan isolasi mandiri. Terus gak lama timbul gejala lalu dibawa keluarga ke rumah sakit,” ungkap Irna.

Baca Berita: 

Bupati Karo-DPRD Bahas Anggaran Penanganan Covid 19

Acara Sertijab Pejabat Kejari Karo Terapkan Social Distancing

Kepala Dinas Kesehatan Karo menyatakan pihaknya mendapatkan laporan adanya seorang warga Kabupaten Karo dinyatakan positif Covid-19 dari pihak Provinsi Sumatera Utara.

Menurut Irna, pasien tersebut, berinisial Ny. Ak, tidak pernah melapor dan berobat di pelayanan kesehatan di Kabupaten Karo.

“Setelah mengalami gejala, langsung dibawa ke rumah sakit di Medan dan dirawat sejak tanggal 31 Maret lalu. Korban tidak sempat dibawa ke Puskesmas atau rumah sakit yang ada di sini makanya kita juga tahunya setelah dapat update data Covid dari Pemprovsu,” kata Irna.

Menyikapi kasus postif Covid-19 warga asal Berastagi, Kabupaten Karo, Irna menyatakan pihaknya telah menemui keluarga..

“Tadi kami sudah bertemu dengan keluarga korban dan saya juga sudah sempat video call sama pasien melalui anaknya. Saya melihat kondisi korban masih dalam stabil saat kami berbicara,” pungkasnya.

Hingga Rabu 8 April 2020, pasien positif Covid-19 di Provinsi Sumatera Utara berdasarkan data yang dirilis covid19.sumutprov.go.id, mencapai 84 orang. Sedangkan pasien dalam pengawasan (PDP) 140 orang, meninggal dunia 7 orang, dan pasien yang dinyatakan sembuh 8 orang.

Sementara itu data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Karo yang dirilis di situs milik Kabupaten Karo melalui covid19.karokab.go.id, menyebutkan, pasien dalam pengawasan (PDP) 3 orang, orang tanpa gejala (OTG) 7 orang, dan orang dalam pemantauan (ODP) 10 orang.  (Rep-01 | Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *