Update Banjir Bandang Flores Timur, BNPB: 41 Orang Meninggal Dunia, 27 Orang Hilang

oleh -140 Kali Dibaca
Material lumpur yang terbawa dalam peristiwa banjir bandang di Kabupaten Flores Timur. [Foto BPBD Flores Timur | Rienews]

RIENEWS.COM – Korban banjir bandang di Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), yang terjadi Minggu dinihari, 4 April 2021, terus bertambah.

Berdasarkan data yang dirilis Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Raditya Jati, Minggu malam, 4 April 2021, pukul 19.24 WIB, korban meninggal dunia akibat banjir bandang Flores Timur, 41 orang.

Berikut data banjir bandang Flores Timur yang diterima rienews dari Kepala Pusdatin Komnukasi BNPB, Raditya Jati, Minggu malam; 41 orang meninggal dunia, 9 orang luka-luka, 27 orang hilang, 49 kepala keluarga terdampak.

Para penyintas banjir bandang Flores Timur, kini mengungsi di titik pengungsian Balai Desa Nelelamadike.

Sementara itu, puluhan rumah warga di Desa Lamanele, Kecamatan Ile Bolang dan di Kecamatan Adonara Barat, tertimbun material lumpur banjir bandang Flores Timur, dan terendam air. Serta lima jembatan putus dan rumah warga hanyut dalam peristiwa bencana banjir bandang Flores Timur, pada Minggu pukul 01.00 WITA.

Baca Juga:

Banjir Bandang di Flores Timur, Jumlah Korban Tewas Menjadi 23 Orang

Musibah Banjir Bandang di Flores Timur, 5 Warga Meninggal Dunia

“Rincian korban di Desa Nelelamadike, Kecamatan Ile Boleng, 35 warga meninggal dunia, 5 luka-luka, 19 hilang dan 9 KK atau 20 jiwa terdampak. Sedangkan di Desa Waiburak, Kecamatan Adonara Timur, terdapat 3 warga meninggal dunia dan 4 terluka serta 7 warga masih hilang. Di Desa Oyang Barang, Kecamatan Wotan Ulumado, sebanyak 3 warga meninggal dunia dan 1 orang lainnya hilang, sedangkan 40 KK terdampak,” kata Raditya Jati dalam siaran pers.

Dalam upaya penanganan dampak banjir bandang Flores Timur, sebut Raditya,  bupati bersama unsur BPBD, TNI, Polri, dinas PUPR, Satpol PP, dinas kesehatan, dinas pertanian dan dinas ketahanan pangan, dinas perkebunan dan peternakan, perwakilan DPRD dan unsur terkait lain telah berada di lokasi dan membantu penanganan darurat bencana.

“Berdasarkan laporan BPBD, insiden banjir bandang dipicu oleh hujan dengan intensitas tinggi. Banjir yang melanda tiga kecamatan terjadi pada Minggu 4 April 2021, sekitar pukul 01.00 WITA,” imbuh Raditya.

Ditegaskannya, BNPB telah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Flores Timur mendukung penanganan darurat banjir bandang Flores Timur.

“Tim Reaksi Cepat BNPB dan dukungan logistik akan segera dikirimkan ke lokasi terdampak. Dukungan logistik yang telah didorong menuju lokasi bencana antara lain makanan siap saji 1.002 paket, lauk pauk 1.002 paket, makanan tambah gizi 1.002 paket, selimut 3.000 lembar, sarung 2.000 lembar, rapid test antigen 10.000 test, masker kain 1.000 buah dan masker medis 1.000 buah,” jelas Raditya.

Banjir di Malaka

Selain banjir bandang di Flores Timur, wilayah Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur, mengalami banjir pada Minggu pagi, 4 April 2021.

“Banjir dipicu oleh hujan intensitas tinggi hingga debit air Sungai Benenai meluap,” kata Kepala Pusdatin Komunikasi BNPB, Raditya Jati.

Wilayah-wilayah yang terdampak banjir di Kabupaten Malaka, meliputi  Kecamatan Malaka Tengah (Desa Naimana, Fahiluka, Kawalu, Railor, Bereliku), Kecamatan Malaka Barat (Desa Motaain, Oan Mane, Sukun, Fafoe, Lasaen, Umatoos, Rabasa, Rabasa Haerain, Loofoun, Maktihan, Naas, Motaulun), Kecamatan Weliman (Desa Forekmodok, Lamudur, Wederok dan Kleseleon), Kecamatan Wewiku (Desa Halibasar) dan Kecamatan Kobalima (Desa Lalekun Barat)

Dampak banjir menyebabkan ratusan rumah warga terendam air dengan ketinggian 1,5 meter.

“TRC BPBD Kabupaten Malaka telah turun ke lokasi untuk melakukan pendataan, berkoordinasi dengan instansi terkait, dan bersama tim gabungan melakukan evakuasi. Banjir mengakibatkan jembatan penghubung kantor BPBD dengan ibukota Kabupaten Malaka terputus,” kata Raditya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *