Warga Desa Wisata di Karo Tolak Keberadaan TPA Sampah

oleh -3.769 Kali Dibaca
Warga berpose di dekat spanduk penolakan TPA sampah di Desa Dokan, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Warga desa wisata yang berada di Desa Dokan, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, menolak keberadaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah.

Warga beralasan, keberadaan TPA sampah mengancam dan mencemari lingkungan hidup Desa Dokan. Apalagi lokasi TPA sampah berada di perbukitan.

KLIK: Wawakot Tomohon Hadiri Pelantikan Pengurus PKK Desa Sukanalu

Penolakan keberadaan TPA sampah, dilakukan warga dengan memasang spanduk, dan 261 warga menandatangani surat penolakan keberadaan TPA sampah.

Surat penolakan itu diberikan kepada  Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Karo, melalui  Surat Penolakan, Nomor : 520/Dkn/XII-2017, Hal : Penolakan permintaan pembuatan izin dan pembangunan TPA di Desa Dokan, tanggal 20 Desember 2017, ditandatangani Ketua BPD Dokan, Terkelin Sitepu dan Sekretaris Desa, Johanis Ginting.

Dalam aksi protesnya, warga menegaskan, penetapan perbukitan Desa Dokan menjadi TPA seharusnya melalui mekanisme dan analisis.

“Bupati melalui staf ahli, seharusnya memahami apa dampak sosial dan dampak lingkungan terhadap keberadaan TPA di desa budaya dan desa wisata. Rasionalnya, TPA bukan di perbukitan, tapi biasanya di lembah-lembah atau jurang. Apalagi Desa Dokan adalah terlegimitasi sebagai desa budaya dan desa wisata yang sangat kontradiksi dengan keberadaan TPA,” ujar warga, Rabu 18 Januari 2018. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *